Upaya Mempercepat UMKM Go Digital

Dampak pandemi Covid-19 ini kian dirasakan segala aspek, salah satu perekonomian. Perekonomian negara berdampak bagi seluruh industri khususnya UMKM yang merasakan penurunan yang dratis dalam penjualan produk.

Untuk menggerakan UMKM di saat pandemi Covid-19, PT Sukses Mulya Pratama menggelar virtual expo ‘Indonesia Digital Trade Show (IDTS) in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo 2020dengan tema Connect Your Business With Digital Solution(20 November-7 Desember 2020).

Menurut S.R Nopit Cahyani, Direktur PT Sukses Mulya Pratama, dalam virtual expo ini pihaknya menargetkan sekitar 200 ribu pengunjung. Pameran yang diikuti 375 pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia ditargetkan akan membukukan transaksi Rp 25 miliar.

Diakui Nopit, pihak penyelenggara sendiri mengaku bergandengan tangan bersama, baik dengan pemerintah maupun swasta untuk pelaksanaan acara ini agar para pengusaha merek lokal Indonesia khususnya para pelaku UMKM di seluruh Indonesia bisa tetap berjualan untuk mendapatkan cash in, tetap semangat untuk bisa berdagang melalui platform digital (go digital) dan pameran ini sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia.

Sejumlah perusahaan besarpun turut berpartisipasi maupun mendukung pameran virtual expo Indonesia Digital Trade Show In conjunction with Indonesia Local Brands Expo 2020. Diantaranya Bank BCA selaku Official Bank Partner, Blibli.com, LinkAja, MyAdsTelkomsel, Oxygen, Sicepat, Mustikaratu, dan Garuda Indonesia selaku airlaines partner di dalam event ini.

Pembukaan pameran ini secara resmi dibuka oleh tiga Menteri yakni, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakili oleh Muhammad Neil El Hilman, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tidak tinggal diam begitu saja dan terus berusaha dan berupaya untuk mendukung segala aktivitas UMKM dengan program-program seperti salah satunya dukungan dengan kegiatan virtual expo ini. “Kami mendukung para pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia,” kata Teten.

Muhammad Neil El Hilman berharap IDTS ini  dapat turut menjadi bagian dalam pemulihan perekonomian nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik, serta memperkuat program pemerintah yakni gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)