Upaya Panasonic Pacu Kemajuan Industri Kreatif

Agung Ariefiandi, Audio Visual Marketing Group Manager PT Panasonic Gobel Indonesia (tengah) bersama Tim Juri disela-sela peluncuran Panasonic Young Film Maker (PYFM) 2019

Tahun ini untuk ketiga kalinya PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menggelar Panasonic Young Film Maker (PYFM). Ajang yang digelar setiap 2 tahun sekali ini sebagai wujud dukungan Panasonic secara konsisten untuk pengembangan industri kreatif.

Untuk mewujudkan PYFM 2019, PGI bekerja sama dengan Digital Cinematography Indonesia, Hunting Pasar, dan Visinema, di mana PYFM 2019 akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera LUMIX yang mendukung pembuatan film pendek, serta mengajak para peserta workshop untuk mengikuti kompetisi ini.

Rencananya, roadshow ini akan dilaksanakan di sebelas kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jakarta, Malang, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bengkulu, Bali, Banjarmasin, Manado, Makassar.

PYFM 2019 menggandeng empat juri kenamaan yakni Angga Dwi Sasongko dan Benny Kadarhariarto untuk kategori short movie, serta Bagus Kresnawan dan Goenrock untuk kategori online video.

Dengan target peserta usia 15 – 30 tahun, Panasonic Young Film Maker menjadi salah satu implementasi dari komitmen Panasonic dalam meningkatkan motivasi serta menghadirkan pendidikan dan pelatihan untuk filmmaker muda bertalenta di seluruh Indonesia.

Seigo Saifu, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia, menjelaskan, PYFM 2019 merupakan salah satu upaya Panasonic dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia. Ia percaya bahwa produk Lumix, memegang peranan penting untuk mendukung ambisi dan kreativitas masyarakat Indonesia dalam industri fotografi dan videografi.

Mengusung kolaborasi tanpa batas, Panasonic mengajak para stakeholder dalam industri perfilman serta videography Indonesia untuk terus memberikan motivasi serta edukasi kepada generasi muda Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang.

Mengangkat tema video “CHANGE” yang memberikan kesempatan untuk menunjukan sikap dan kemauan seseorang untuk berfikir secara analogi dengan perencanaan yang sempurna.

Berkembang dari dua tahun lalu, tahun ini, PYFM hadir dengan tiga kategori. Kategori pertama adalah kategori short movie, merupakan produksi film dengan media konvensional dengan genre drama, komedi, horror, action, serta dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit.

Katergori kedua, online video merupakan produksi video dengan durasi maksimal 10 menit yang terbagi dalam 4 genre video, yaitu travel video, fashion film, music video, dan sketch comedy. Kategori ketiga adalah wedding films yang merupakan special category tahun ini. Adapun dari ketiga kategori ini akan dipilih total 8 pemenang dengan total hadiah Rp 300 juta. PYFM 2019 akan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari 9 Oktober-29 Desember 2019. Sedangkan pemenang dari PYFM akan diumumkan tanggal 18 Januari 2020.

Agung Ariefiandi, Audio Visual Marketing Group Manager PT Panasonic Gobel Indonesia, mengatakan, tingginya antusiasme filmmaker muda di Indonesia menginspirasi kami untuk menghadirkan kembali PYFM 2019. Tahun ini kami hadir dengan ragam inovasi yang disesuaikan dengan tren di industri kreatif Indonesia.

Dengan misi meningkatkan industri kreatif di Indonesia ke level berikutnya, Panasonic menghadirkan kembali PYFM untuk memberikan pendidikan serta motivasi bagi para filmmaker muda di Indonesia untuk terus berprestasi dan membawa nama baik Indonesia ke berbagai ajang film di tingkat lokal maupun internasional.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)