UpCloud Dapat Suntikan Dana Baru 18 Juta Euro

Perusahan UpCloud dari Finlandia telah memperoleh pendanaan modal ventura sebesar €18 Juta dalam bentuk pendanaan ekuitas dan utang guna mempercepat pertumbuhan usaha bidang cloud serta rencana go international.

Selama 24 bulan ke depan, UpCloud hendak menambah jumlah staf dan karyawan serta akan melipatgandakan personil. Perusahaan ini juga akan menggunakan lebih dari 10 pusat data pihak ketiga baru di pasar-pasar utama di Eropa, Asia dan Amerika Utara serta daerah-daerah baru seperti Australia.

UpCloud juga akan meluncurkan layanan berbasis perangkat lunak baru yang menarik yang memungkinkan pelanggan untuk menjalankan infrastruktur cloud . investasi ini bersumber dari Connected Capital & Partners, perusahaan investasi berkembang sistem perangkat lunak B2B yang berbasis di Belanda dari Keuangan Industry Investment,perusahaan investasi asal Finlandia serta ventura Finlandia yang sudah berinvestasi di UpCloud sejak tahun 2016.

“Kami senang menjadi investor utama menjadi pembiayaan ekspansi untuk UpCloud. Connected segera memperbaiki kualitas SDM UpCloud maupun teknis. Selanjutnya, UpCloud akan mendapatkan posisi yang lebih baik guna mengembangkan layanan perangkat lunak dan ini merupakan bagian pasar global hosting di mana lebih melayani sektor bisnis UKM,”kata Wim Haring, Connected Capital dalam siaran pers yang dikirim ke Swa Online di Jakarta (10/2/2020).

Dalam perkembangannya UpCloud telah tumbuh secara menguntungkan selama bertahun-tahun hingga sekarang. Investasi ini memungkinkan ekspansi internasional yang cepat ke pasar yang baru tumbuh seperti Asia Tenggara dan India.

Up Cloud juga memiliki tim yang berdedikasi untuk pasar Indonesia dan akan memasuki pasar Indonesia. Perangkat lunak dan pemrosesan data bergerak cepat ke layanan cloud sehingga layanan UpCloud akan memiliki permintaan yang kuat di masa depan juga.

“Sangat menyenangkan untuk bekerja bersama dengan UpCloud karena mereka terus melampaui harapan pelanggan pada kinerja dan dukungan pelanggan, yang akan terus mendorong bisnis,"kata Keith Bonnici, Direktur Investasi, Tim Modal Ventura Industri Investasi Finlandia. Menurutnya, perangkat lunak dan pemrosesan data bergerak cepat ke layanan cloud sehingga layanan UpCloud akan memiliki permintaan yang kuat di masa depan juga.

Faktor kinerja membuat UpCloud memiliki keunikan di antara para pesaingnya yang sudah berdiri semenjak tahun 2011. UpCloud mempromosikan komputasi awan berbiaya tinggi dan berkinerja tinggi dari 8 pusat data di dunia global yang berlokasi di Amsterdam, Chicago, Frankfurt, Helsinki, London, San Jose dan Singapura.

Pelanggan UpCloud tipikal perusahaan yang menjalankan aplikasi perangkat lunak kritis bisnis (data intensif) di cloud. Untuk ini, Upcloud membutuhkan kapasitas komputasi, penyimpanan dan konektivitas kinerja tinggi yang ramah pengguna, harga menarik dan memenuhi persyaratan layanan pelanggan mereka.
Pelanggan memiliki antarmuka berbasis web sepenuhnya untuk on-board, mengelola, menyesuaikan jaringan (SDN), membayar dan memantau layanan cloud, penggunaan, dan keamanan.

Investasi pertumbuhan akan digunakan untuk menumbuhkan tim penjualan dan pemasaran, memperdalam dan memperluas jaringan server dan untuk memperluas tim teknologi untuk lebih lanjut mengembangkan fitur produk berbasis perangkat lunak baru dan untuk tetap maju dengan kinerja. Saat ini, UpCloud mempekerjakan karyawan di Finlandia, Inggris, Jerman, Singapura dan Amerika Serikat.

“Kami telah bekerja keras untuk membangun budaya yang sangat berbeda dari perusahaan lain, karyawan internal yang kuat, menunjukkan tim kami bersemangat dan berkomitmen untuk kesuksesan jangka panjang UpCloud," kata Antti Vilpponen, CEO UpCloud.

Teknologi penyimpanan awan eksklusif milik UpCloud, MaxIOPS, menawarkan kinerja yang lebih baik, peningkatan redundansi, dan nilai keseluruhan bagi pelanggannya.

Joel Pihlajamaa, Pendiri dan CTO UpCloud, menambahkan, saat awal diluncurkan UpCloud tahun 2009, harga per jam tinggi di pasar cloud, tetapi secara teknis layanannya buruk, kinerjanya sangat bervariasi, dan redundansi yang memadai kurang. Namun, pada intinya UpCloud didirikan berdasarkan prinsip kinerja tinggi dan redundansi dan dengan harga murah yang bahkan seorang pengembang independen dapat membeli layanan tersebut.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)