Urban Republic Siap Buka 5 Outlet Baru di Jakarta

Jeremy Sim CEO Erajaya Retail Group (kiri) Jeremy Sim, CEO Erajaya Retail Group (kanan)

Di era digital ini, gadget memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Kecepatan teknologi diimbangi dengan tren gaya hidup yang semakin canggih, salah satunya adalah konsep internet of things, mulai menjadi kebutuhan.

“Internet of things memang belum masuk ke Indonesia dan perizinan masih diurus. Namun, ke depannya ini akan menjadi gaya hidup yang diminati masyarakat, terbukti dari berbagai aplikasi yang semakin mempermudah kita dalam melakukan segala sesuatu. Ke depan, tren gaya hidup ini akan menjadi industri yang besar,” terang Djatmiko Wardoyo, Director Marketing and Communication PT Erajaya Swasembada Tbk.

Untuk menjembatani antara perkembangan tren internet of things dan industri gaya hidup, PT Erajaya Swasembada Tbk melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membuka outlet Urban Republic yang bertemakan gaya hidup. “Konsep yang kami tawarkan tidak hanya toko gadget, tetapi kami ingin memperkenalkan urban lifestyle store yang mendukung gaya hidup perkotaan,” jelas Jeremy Sim, CEO Erajaya Retail Group. Produk yang ditawarkan beragam, mulai dari gadget, drone, smart wearables, app controlled, device, dll.

Ada sekitar 50 jenis produk yang dihadirkan dan disesuaikan dengan gaya hidup anak muda. Untuk itu, pihak Erajaya melakukan akurasi terhadap produk-produk yang sekiranya populer. Nantinya, setiap produk tersebut akan dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan tren di pasar.

Diakuia Jeremy, ide mengenai toko urban yang mengusung tema gaya hidup terinsiprasi dari outlet yang sama di Malaysia. Dua tahun lalu, Erajaya telah mengakuisisi CG Computer Malaysia yang membawahi Urban Republic. Melihat keunikan outlet ini, ia pun ingin memboyong ke Indonesia.

Meski konsep outletnya sama, tapi outlet di Malaysia memiliki varian produk yang lebih banyak dan menyediakan coffee shop didalam outlet. Mereka bahkan menjual berbagai kamera hingga sepeda. Bagi Jeremy, strategi yang diterapkan tidak mungkin sama mengingat karakter dan selera pasar yang berbeda.

Menurutnya, produk yang terlalu banyak, tidak disukai oleh pasar Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan memfokuskan pada beberapa produk saja. Namun, tak menutup kemungkinan untuk menambah variasi produk lain. Yang pasti, produk yang dihadirkan bisa memenuhi segala kebutuhan konsumen untuk hobi dan gaya hidup masyarakat.

Jeremy optimistis bahwa toko yang menyasar kelas menengah keatas ini akan diminati masyarakat. Berbagai strategi dilakukan, seperti penempatan outlet yang strategis, kerja sama dengan berbagai pihak, dan. produk yang tepat sasaran. Mengingat pasar yang dituju adalah menengah keatas, pihaknya hanya akan menyasar mal dengan pasar kelas menengah dan kota-kota besar seperti Balikpapan dan Medan.

Hingga saat ini, Urban Republic telah ada di Mal Kota Kasablanca dan Mal Kelapa Gading. Ke depan, akan dibuka tiga outlet lagi di Malaysia dan 5 outlet baru di Jakarta. Rencananya semua outlet tersebut akan beroperasi sebelum tahun 2017. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)