Usaha Warung Milenial dengan Pembukuan Digital Youtap

Ilustrasi Warung dengan aplikasi Youtap

Youtap Indonesia menghadirkan berbagai transaksi digital terkini kepada mitranya untuk melayani konsumen lebih baik. Salah satunya adalah Nelam Sari Tanjung (31 th) yang membuka warung melalui Youtap.

“Sebagai orang yang baru memulai bisnis, saya tidak memiliki pengalaman mengelola bisnis sehari-hari. Kadang ragu karena tidak ada validasi apakah usaha saya ini memang bertumbuh. Namun, pengalaman bekerja di perbankan sedikit banyak membuat saya mengerti pentingnya pencatatan transaksi dalam sebuah usaha, untuk menghitung untung rugi dan besarannya,” ungkap Nelam (07/04/2020).

Setelah 8 tahun berkarier di perbankan, Nelam memutuskan berhenti dan membuka warung pertamanya, yakni Warung Anak Medan. Bersama sang Ibu, Nelam merintis usaha tersebut di Blok M, Jakarta Selatan sejak tahun 2019.

Sebelum mengenal solusi teknologi dari Youtap Indonesia, Nelam bertumpu pada pencatatan manual yang sederhana. Namun dalam pengerjaannya menyita waktu dan kurang akurat baginya. Hal ini yang membuat dirinya tidak dapat mengetahui dengan jelas perkembangan bisnisnya.

"Hal ini kurang sistematis. Jika memakai laptop akan terlalu merepotkan dengan kondisi di pasar. Namun dengan Youtap, semuanya jadi praktis, data baik pembayaran tunai maupun online langsung tercatat dalam ponsel saya,” tambah Nelam.

Selain itu, seiring perkembangan teknologi, pemesanan makanan online dan pembayaran non-tunai pun turut berkontribusi besar pada perkembangan bisnisnya. Terlebih, keadaan saat ini yang terdampak langsung oleh pandemi COVID-19. Kekhawatiran akan transmisi virus melalui uang tunai, membuat banyak konsumennya lebih memilih untuk melakukan transaksi lewat pembayaran non-tunai.

“Kami senang mengetahui bahwa teknologi yang kami hadirkan dapat membantu dan mampu mendorong merchant untuk mengembangkan bisnisnya. Selain pembukuan, laporan yang dikirim setiap harinya dapat menjadi insight, untuk membantu merchant mengambil keputusan bisnis selanjutnya," ujar Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia.

Herman juga berharap agar teknologi yang dihadirkan Youtap dapat membawa dampak positif lebih luas bagi pelaku UMKM. Ia juga menambahkan akan terus mengembangkan fitur-fitur Youtap, sehingga Youtap dapat menyesuaikan kebutuhan mitra-mitranya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)