Vale Indonesia dan PGN Kembali Raih Penghargaan Platinum dalam Asia Sustainability Reporting Rating

Ann Sjamsu, Senior Coordinator Publications, Reporting & PR Vale, menerima piala Platinum Rating dari Menristek Prof Bambang Brodjonegoro, Ph.D, didampingi Ketua IPKB, Prof. Eko Ganis Ph.D (paling kiri); dan Ketua NCSR, Ali Darwin (paling kanan)

PT Vale Indonesia Tbk dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)  kembali meraih penghargaan Platinum Rating dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT)  2019 yang digelar di Nusa Dua Bali, Sabtu (23/11). Acara yang diprakarsai oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR) yang bersamaan dengan kegiatan Konferensi Praktisi Keberlanjutan (SPC) ini 

menganugerahkan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan maju dan berkembang di Asia yang melaporkan upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang terintegrasi dengan aspek bisnis dan operasinya. 

Menurut Ann Sjamsu, Senior Coordinator Publications, Reporting & PR Vale,  perusahaan ini, dalam menjalankan operasi berkelanjutan, menyasar pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yakni pendidikan, kesehatan, pendapatan dan pekerjaaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, pengelolaan lingkungan, kelembagaandan infrastruktur. 

"Dalam pelaksanaannya tetap melalui pola kemitraan tiga pilar, pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Ini merupakan hasil penggalian gagasan Tim Tiga Pilar rencana pengembangan kawasan unggulan, konsultasi pemangku kepentingan, rekomendasi internal audit, semangat kemandirian dan berkelanjutan pasca tambang", tambah Aan Sjamsu.

Sementara itu, Feronica Yula Wardani, Division Head Health, Safety, Security and Environment PGN, mengungkapkan, penghargaan ini menunjukkan, kontribusi kami sebagai perusahaan gas nasional terhadap upaya pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan sejalan dengan program SDGs pemerintah.

 Feronica Yula Wardani, Division Head Health, Safety, Security and Environment saat menerima pengharagaa dari Menristek Bambang Brodjonegoro

PGN, menurut Feronica, mengupayakannya lewat Prinsip 3P; Profit, Planet, dan People. Profit berarti setiap keputusan bisnis perusahaan harus berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi nasional. Planet merujuk pada perhatian PGN terhadap upaya pelestarian bumi. Sedangkan prinsip People adalah bagaimana PGN dalam melaksanakan program-program yang berkelanjutan turut mensejahterakan masyarakat. 

"Sebagai badan usaha milik negara, program kemasyarakatan bukan saja meningkatkan citra dan reputasi perusahaan tetapi juga menjadi pendorong terciptanya hubungan harmonis antara PGN dan masyarakat", ujar Feronika seraya menambahkan, "PGN yakin perusahaan akan tumbuh dan berkembang untuk jangka panjang dan juga akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, apabila Prinsip 3P ini dijalankan secara konsisten karena dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial dipertimbangkan dalam setiap kegiatan operasi perusahaan".

Tahun ini, ASSRAT diikuti oleh 50  perusahaan BUMN, swasta, maupun perusahaan dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Bangladesh, dan Singapura dengan proses penilaian laporan yang dilakukan 50 assesor yang memiliki kompetensi yang dikeluarkan NCSR. Kriteria penilaian mengacu pada Sustainability Reporting Guideline  (GRI). Hasil pemeringkatan terdiri atas kategori  Bronze Rating,  Silver Rating, Gold Rating dan Platinum Rating sebagai rating yang tertinggi

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)