Video Kreatif Ekonomi Digital di Papua Raih DBS YES 2017

Sumber foto: id.techinasia.com

DBS Young Economist Stand-up (DBS YES) yang digelar Bank DBS Indonesia untuk mengajak kaum muda dalam menyuarakan ide dan gagasan melalui video kreatif telah memasuki tahap akhir. Bekerjasama dengan Katadata dan TechInAsia, PT Bank DBS Indonesia melakukan seleksi akhir untuk 10 peserta terbaik dan menentukan 3 pemenang.

Menuju semifinal dan grandfinal, DBS Indonesia mendatangkan 22 peserta terpilih untuk mengikuti DBS YES Camp. Pada program ini, DBS Indonesia mengajak para peserta terpilih untuk berkunjung dan berdiskusi langsung bersama pelaku usaha dan regulator ekonomi digital di Indonesia. Pada panel diskusi diisi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, serta Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Tak hanya itu, peserta terpilih juga berkesempatan berkunjung ke kantor Google Indonesia, Bukalapak dan NET TV. Menurut Head of Group Strategic Marketing and Communications Bank DBS Indonesia, Mona Monika, para peserta berhasil menggunakan materi hasil riset DBS Group Research tentang ekonomi digital di tahapan seleksi. “Sebanyak 22 semifinalis berkumpul di Jakarta dan kami mengajak mereka memperkaya materi video kreatif. Melalui kelas formal dan kunjungan-kunjungan, mereka akan mendapat pengalaman baru untuk materi videonya. Sehingga para semifinalis diharapkan mampu memperkuat analisa dan opini faktual mereka,” ungkapnya.

Melalui serangkaian program outreach dan komunikasi di berbagai saluran digital, DBS YES tahun ini berhasil mengumpulkan 500 partisipasi kamu muda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Padang, Makassar, NTT dan Papua serta berbagai daerah di pulau Jawa. Melalui program DBS Young Economist Stand-up yang diadakan setiap dua tahun sekali ini, diharapkan semakin banyak anak muda Indonesia melahirkan ide-ide solusi ekonomi dan sosial melalui opini dan analisa ekonomi mereka dengan perspektif nasional.

Sebagian besar semifinalis pada DBS YES 2017 mengangkat isu pemerataan infrastruktur dan ekonomi digital di luar pulau Jawa. Selain itu, mereka juga mengajak pemuda lainnya untuk berkontribusi dalam meningkatkan digital ekonomi di wilayah mereka. Juara Pertama DBS YES 2017, Freddy Edhy, mendapatkan apresiasi tinggi dari para juri dengan ide, semangat, dan solusi yang diberikan terkait dengan peningkatan ekonomi digital di Papua. Dua pemenang lainnya yaitu Sena Farid Sudarsono dari Bandung dan Iman Faiz dari Jakarta.

Para pemenang juga berkesempatan mengikuti sesi mentoring dengan Neal Cross, Chief Innovation Officer Bank DBS di Singapura dan tampil menjadi Opening Act pada DBS Asian Insights Conference 2017 yang akan digelar pada 21 November 2017 di Jakarta. Melalui gelaran DBS YES ini, Bank DBS Indonesia ingin mengajak kaum muda untuk berkontribusi aktif dalam mengembangkan ekonomi digital di daerah mereka masing-masing.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)