Vidio Raih Investasi US$150 Juta dari Affinity Equity Partners

Halaman depan platform Vidio (Foto: ist)

Platform OTT lokal, PT Vidio Dot Com (Vidio) milik PT Surya Citra Media Tbk (SCM) mendapatkan investasi sebesar US$150 juta dari Affinity Equity Partners. Ini merupakan penerimaan investasi eksternal pertama bagi Vidio, di mana SCM, bermitra dengan Affinity untuk mendorong pertumbuhan Vidio di Indonesia dan memperkuat posisinya sebagai market leader.

Dengan investasi tersebut, Affinity akan bergabung dengan jajaran direksi Vidio dan akan bermitra dengan Vidio untuk mempercepat pertumbuhannya dan memperluas kepemimpinan pasarnya di Indonesia. Sutanto Hartono, CEO Vidio mengatakan, investasi ini akan mendukung Vidio untuk memperluas kesuksesan Vidio Original Series, memperkaya konten dengan menambah lisensi konten olahraga, dan berinvestasi untuk mengedepankan pengalaman pelanggan dalam menyaksikan tayangan live streaming disertai gamifikasi.

“Ini menandai tonggak sejarah baru bagi Vidio sebagai platform OTT di Indonesia. Kami berusaha untuk terus fokus pada pengguna dengan menawarkan pengalaman streaming terbaik dan konten premium eksklusif terlengkap bagi pengguna. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Affinity, dan dengan kemitraan ini serta didukung oleh talenta-talenta terbaik yang kami miliki, kami akan mengambil lompatan besar ke depan dalam memberikan kualitas dan nilai yang luar biasa kepada pelanggan Vidio,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip SWA, Selasa (02/11/2021).

Benny Lim, Managing Director dan Head of South East Asia Affinity menilai, dengan ekosistem media dan digital yang dimiliki Emtek, ditambah posisi Vidio, dan tim manajemen yang kuat, merupakan faktor penting dalam perjalanan kesuksesan Vidio di industri OTT Indonesia yang sangat dinamis.

"Affinity akan memanfaatkan jaringan luas yang dimiliki di seluruh Asia untuk mendukung inisiatif pertumbuhan Vidio, terutama di bidang konten dan gamifikasi untuk memperkaya konten live streaming,” ujar Benny.

Sebagai bagian dari ekosistem digital dan media yang dimiliki SCM dan grup Emtek, kata Sutanto, Vidio memiliki benefit langsung melalui sinergi aset-aset di seluruh value chain yang merupakan dapat mendorong kesuksesan Vidio di dunia OTT. Langkah ini turut menandai investasi sektor teknologi kedua Affinity di Asia Tenggara dan melanjutkan rekam jejak investasi Affinity di media dan hiburan yang mencakup Loen Entertainment, TEG, dan Skylife. Vidio akan menjadi bagian dari portofolio bisnis tekonologi Affinity yang berkembang pesat, seperti MDAQ, SSG.com, JobKorea, Yogiyo, dan lainnya.

Per September 2021, Vidio telah mengalami peningkatan jumlah monthly active users mencapai 62 juta pelanggan. Tak hanya itu, Vidio juga memimpin pasar di berbagai matriks seperti: Aplikasi #1 dalam kategori Entertainment di Google Play Store, #1 OTT dengan unique visitors (Comscore, Agustus 2021), dan #1 OTT untuk daily active users di seluruh Asia Tenggara (MPA, Q2 2021).

Vidio juga mendominasi produksi serial original Indonesia atau biasa disebut Vidio Original Series, serta siaran langsung tayangan olahraga, baik lokal maupun internasional seperti Liga 1/2/3, UEFA Champions/Liga Europa, NBA, F1, WTA, dan lainnya. Vidio juga menawarkan deretan judul film dan drama Indonesia dan internasional, konten e-sports, anime, dan pendidikan/anak-anak.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)