Volume Pembiayaan Home Credit Capai Rp9,3 Triliun di 2023 | SWA.co.id

Volume Pembiayaan Home Credit Capai Rp9,3 Triliun di 2023

PT Home Credit Indonesia membukukan volume pembiayaan lebih dari Rp9,3 triliun sepanjang 2023. Angka ini meningkat 11% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp8,4 triliun.
Kini, layanan Home Credit tersedia di sekitar 22.000 toko mitra di 223 kota dan telah digunakan oleh sekitar 6,2 juta pelanggan di Indonesia.

“Pencapaian ini menjadi motivasi kami untuk terus menghadirkan layanan keuangan yang senantiasa dapat membuka kesempatan-kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia," ujar Manu Pal, Chief Product Officer Home Credit Indonesia dalam keterangan pers yang diterima SWA Online, Senin (12/02/2024).

Ia mengatakan, pencapaian itu akan terus diperkuat oleh Home Credit melalui kerja sama dengan lebih banyak mitra bisnis seperti produsen, peritel besar, toko-toko skala menengah dan kecil. Perusahaan juga baru saja berkolaborasi dengan berbagai merk ternama seperti HP untuk pembiayaan aneka perangkat elektronik laptop dan Airland untuk aneka produk kasur. Ini menambah deretan mitra Home Credit selain iBox untuk berbagai perangkat Apple, dan Sharp untuk perangkat elektronik.

"Di usia yang memasuki tahun ke-11 pada 4 Februari 2024 lalu, Home Credit akan terus memudahkan masyarakat mengakses layanan keuangan yang meliputi pembiayaan barang, pembiayaan tunai, paylater hingga proteksi, termasuk melalui aplikasi My Home Credit yang terus kami kembangkan dan kini telah digunakan oleh lebih dari 17,9 juta pengguna terdaftar hingga Desember 2023,” tambahnya.

Bagi pelanggan yang memiliki kontrak layanan pembiayaan barang dari Home Credit, berkesempatan menggunakan pembiayaan tunai yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan untuk modal usaha, biaya pendidikan, kesehatan, hingga renovasi rumah dan sebagainya, dimana jumlah kontrak pembiayaan tunai telah mencapai 1,2 juta hingga Desember 2023.

Salah satu pelanggan yang menggunakan pembiayaan tunai itu adalah Azhari Binandhika, seorang wiraswasta yang memiliki usaha kuliner di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Azhari yang merupakan pelanggan pembiayaan tunai FlexiCash dari Home Credit mengatakan layanan itu sangat membantu dirinya untuk mengembangkan usaha.  

Di samping itu, Home Credit memiliki layanan paylater Home Credit BayarNanti yang telah diaktifkan oleh lebih dari 700.000 akun yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi keperluan sehari-hari dengan metode pembayaran QRIS di merchant yang mencapai lebih dari 25 juta di Indonesia serta membeli pulsa atau paket data, membayar token listrik, air dan tagihan internet. Selain transaksi offline, Home Credit BayarNanti juga dapat digunakan di e-commerce Blibli, sejak akhir Desember 2023.

Pelanggan Home Credit juga dapat menikmati layanan proteksi (asuransi), di mana layanan tersebut telah mencapai lebih dari 13 juta kontrak pelanggan hingga Desember 2023. Home Credit bekerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi dalam menghadirkan layanan proteksi tersebut. Salah satunya adalah Critical Life Cover, asuransi atas risiko meninggal atau didiagnosa menderita penyakit kritis, yang dikelola oleh PT Equity Life Indonesia dan ditawarkan Home Credit. 

Selain aneka layanan tersebut, Home Credit secara rutin menghadirkan promo yang dapat dinikmati oleh pelanggan ketika menggunakan layanan pembiayaan barang. Salah satu yang banyak diincar pelanggan adalah promo untuk pembelian matras di Informa dalam periode 1 – 29 Februari 2024, di mana pelanggan dapat mendapatkan potongan harga hingga Rp100 ribu dari Informa, serta bebas 1x cicilan dari Home Credit jika membayar cicilan tepat waktu setiap bulannya.

"Home Credit yang kini merupakan bagian dari ekosistem Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) setelah diakuisisi oleh Bank of Ayudhya Public Company Limited (Krungsri) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk pada 2023 akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai bagian dari komitmen untuk berkontribusi secara positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan perekonomian Indonesia," tutur Manu.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)