Management Trends

W20 - KADIN Tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Perekonomian Nasional

W20 - KADIN Tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Perekonomian Nasional

W20 Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar W20 side event dengan tema ‘Women Tourism and Creative Economy Forum by Indonesian Chamber of Commerce and Industry’ yang bertujuan untuk peningkatan partisipasi perempuan dalam pengembangan UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif di Simalungun, Sumatera Utara (20/7/2022).

Chair Women-20 Indonesia Adriani Uli Silalahi mengatakan W20 merupakan engagement group dalam forum G20 yang mewakili suara perempuan dan menjadi representasi perubahan terhadap perempuan. W20 ingin mengajak peran serta negara anggota G20 akan pentingnya partisipasi perempuan dalam pembangunan ekonomi global dan mewakili suara perempuan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“W20 secara spesial hadir di Danau Toba yang bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata selain Bali. Dari 17 negara yang hadir saat W20 Summit ini semuanya mengapresiasi keindahan Danau Toba. Bahkan delegasi negara yang hadir banyak yang menyebut bahwa Danau Toba jauh lebih indah dibanding Swiss. Dengan W20 Summit ini kami berharap perekonomian kreatif di Danau Toba semakin berkembang kedepannya,” ujar Uli.

Uli menambahkan, W20 berkomitmen untuk mewakili suara perempuan dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menggalakan Recover Together dan Equally. Melalui W20 kita mendorong kesetaraan gender dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam perekonomian untuk mencapai inklusi ekonomi dengan mendukung UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikelola oleh perempuan.

Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) KADIN Indonesia Triawan Munaf mengatakan, KADIN Indonesia berkomitmen untuk memberikan perhatian besar kepada UMKM bidang pariwiasta dan ekonomi kreatif yang dikelola perempuan di seluruh Indonesia untuk terus tumbuh dan meningkat. Melalui event ini UMKM Perempuan Sumatera Utara dapat saling memberdayakan, menginspirasi, dan terbuka dalam ekonomi digital menuju ekonomi global.

Selanjutnya W20 Indonesia – KADIN Indonesia menggelar forum dialog yang membahas pengembangan bisnis dan rintangan digitalisasi dalam memetakan strategi produksi serta pemasaran bersama UMKM Perempuan dalam bidang ekonomi kreatif yang diikuti lebih 130 UMKM binaan Asosiasi UMKM Sumatera Utara dan Kemenparekraf.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Kemenkomarves Odo RM Manuhutu menuturkan, penguatan SDM perempuan merupakan hal penting. Perempuan di Indonesia perlu diberi pelatihan literasi finansial dan akses terhadap pembiayaan bagi perempuan. Yang dilakukan pemerintah adalah mendorong 30 juta dari 64 juta UMKM, IKM dan artisan bisa berjualan secara digital yakni dengan Gerakan Nasional BBI. Pemerintah telah menargetkan minimal Rp400 triliun untuk belanja produk dalam negeri.

Hal senada disampaikan oleh Vice President Public Policy Government Relations, and CSR APAC Traveloka Widya Listyowulan, “Traveloka menjunjung tinggi kesetaraan gender pada lingkungan perusahaan di mana hampir 50 % karyawan kami adalah perempuan. Oleh karena itu, kami mendukung kebijakan yang ramah dan inklusif untuk para pekerja agar mereka dapat mengembangkan potensi terbaik mereka bersama Traveloka.”

Acara dilanjutkan dengan melakukan kurasi atas 6 UMKM terbaik dari lebih 130 UMKM Perempuan Sumatera Utara dalam bidang ekonomi kreatif. Kategori pemilihan mencakup bidang kuliner dan non kuliner (fesyen dan kriya). Selanjutnya, 6 UMKM terpilih akan memaparkan produk ekonomi kreatif miliknya kepada para juri..

Dari hasil penilaian dewan juri terhadap 6 UMKM Perempuan atau yang menjadi Top 6 terdiri dari 3 besar finalis kategori kuliner dan 3 besar finalis kategori non kuliner (Kriya dan Fesyen). Dan setelah melalui kurasi dewan juri akhirnya terpilih dua UMKM terbaik yaitu Inkubasi Kriya Ulos untuk kategori non kuliner dan untuk kategori kuliner dimenangkan oleh Wine Coffee Gogo.

Ketua Komite Tetap Ekonomi Kreatif dan Digital KADIN Indonesia Ricky Pesik mengatakan dua pemenang terbaik berkesempatan untuk memamerkan produk terbaiknya pada event Presidensi G20 di Bali November 2022 mendatang.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved