Marketing Trends

Wanita dan Anak-anak dalam Bidikan Esternal yang Kekinian

Di era yang serba menggunakan gadget sekarang, anak-anak usia sekolah tetap memerlukan tas dan stationeries atau alat-alat tulis. Produk-produk ini dengan desain lucu dan kekinian selalu disukai dan dicari konsumen. Tak hanya akan menunjang kegiatan belajar, melainkan juga menambah semangat belajar.

Inilah yang dilihat Amelita Yonathan. Perempuan belia ini aktif menjadi influencer dan reviewer sejumlah produk di Instagram dan YouTube, akhirnya meluncurkan brand-nya sendiri bernama Esternal tahun 2017. Amel, sapaan akrabnya, ingin memiliki sebuah lini produk yang selalu dibutuhkan orang, kapanpun, tak lekang oleh waktu. Tas anak dan stationeries tadi adalah salah satu contohnya.

Esternal diambil dari kata essential dan eternal, sehingga gabungan dari keduanya kurang lebih berarti sesuatu yang selalu dibutuhkan dan mampu mengikuti tren.

Produksi awal Esternal adalah aksesoris wanita, yakni anting-anting yang Amel rakit sendiri. Selain berbisnis, Pemilik Esternal ini memang punya hobi mendesain sejak usia sekolah. Aksesoris, menurutnya, juga memiliki sifat essential dan eternal. “Kapan pun orang akan selalu mencari atau membutuhkannya,” jelas Amel dalam siaran pers (08/02/2021).

Dari situ, produksi Esternal semakin berkembang dan bertambah jenisnya. Secara umum, ada tiga kalangan yang menjadi target pasar produk Esternal, yakni perempuan aktif berusia 20-30 tahun, anak-anak mulai dari usia 2 tahun, dan ibu muda. Untuk perempuan, Esternal menyediakan tas, pouch (kantong) dan wallet (dompet), sedangkan untuk anak-anak, ada tas, tempat pensil, bolpoin, dan stationeries lainnya.

Bagi ibu muda, Esternal memberikan pilihan produk-produk home & living, seperti perabot dapur yang essential dan lucu-lucu, shower cap, sisir, dan pouch untuk menyimpan remote control. Selain itu, ada produk-produk menghadapi era new normal, misalnya face shield, masker kain, dan pouch untuk wadah hand sanitizer. Face shield menjadi produk best seller Esternal pada 2020, sedangkan saat ini pouch tisulah yang sedang mengalami penjualan terbaik.

Amel berupaya agar face shield dan pouch tisu buatannya unik, berbeda dari yang lain. Contohnya dengan memakaikan motif-motif kekinian dan imut pada produk-produknya itu. Hal yang sama dia terapkan pada produk tas anak. Tas untuk anak perempuan menggunakan karakter unicorn, sedangkan dinosaurus untuk tas anak laki-laki. Keduanya memang masih menjadi tren di dunia fashion anak-anak.

Sebagian produksi Esternal adalah hasil kreasi Amel sendiri dan sebagian lagi impor. Total ada sekitar 150 item yang diproduksi dan disediakan Esternal saat ini. Dari masing-masing item, rata-rata Esternal memiliki stok hingga 300 unit per bulannya.

Semua produk Esternal dijual melalui official store-nya di Shopee Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina, serta Tokopedia. Target Esternal pada 2021 ini, menurut Amel, adalah menambah produksi dan omzet, selain melakukan ekspansi penjualan. “Untuk target jangka panjangnya, saya ingin Esternal menjadi brand yang semakin well known, yang betul-betul 100 persen produksinya adalah hasil produksi sendiri,” ucapnya menegaskan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved