WARISAN 2019 Targetkan Transaksi Penjualan Rp20 Miliar

WARISAN kembali diselenggarakan, merupakan pameran batik, mutiara dan tenun dengan sertifikat keaslian produk

Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) yang merupakan pameran eksklusif batik, tenun dan mutiara kembali diselenggarakan. Pada tahun ke empat ini menggangkat tema “Citra Bahtera Nusantara”. Penyelenggara menargetkan 10 ribu pengunjung dengan total transaksi penjualan Rp 20 miliar.

Secara khusus pameran WARISAN bertujuan untuk menjaga seni dan budaya bangsa dan apresiasi kepada pembatik, penenun, pemerhati, pengrajin dan pengusaha batik, tenun dan mutiara.

Pameran yang akan diselenggarakan pada 22-25 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan ini menampilkan kurang lebih 130 stan dengan produk batik, tenun dan mutiara berkelas dan bergaransi keasliannya. “Batik yang akan ditampilkan hanyalah batik dari hasil penggunaan malam panas 100% dengan aplikasi batik tulis, cap dan komibasi (cap dan tulis). Juga menghadirkan hasil karya tenun NTT yang terkenal serta tenun songket yang mewah dari Palembang. Tidak lupa juga hanya mutiara air laut Indonesia yang akan dihadirkan pada pameran ini yang asli dan tersertifikasi,” ujar Umi Noor Wijiati,Direktur PT Mediatama Binakreasi, penyelenggara pameran WARISAN.

Hadi Sunarno, Project Manager Pameran WARISAN dari Mediatama Binakreasi, menjelaskan produk yang akan dipamerkan di WARISAN melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari: Komarudin Kudiya (Kurator Batik), Romi Oktabirawa (Kurator Batik), Dudung Alie Syahbana (Kurator Batik), Zainal Arifin (Kurator Tenun), dan Ratna Zhuhry (Kurator Mutiara). “Kalau pembeli ingin mengecek keaslian batik yang dibelinya misalnya, bisa ke kurator langsung hari itu juga. Jika ketahuan batiknya ternyata bukan, pembeli akan mendapat ganti 2 kali lipat dari penjual,” katanya saat konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya Grand Indonesia Jakarta (15/08/2019).

Pameran yang rencananya akan diresmikan oleh Ketua Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla, ini diharapkan menjadi ajang promosi bagi para perajin dan pengusaha batik, tenun dan mutiara eksklusifdi Nusantara, dengan menyuguhkan pelayanan prima baik untuk peserta maupun pengunjung.

Melanjutkan kesuksesan Pameran WARISAN sebelumnya, tahun ini akan diramaikan program acara pertunjukan musik tradisional, kuis tebak keaslian BAHTERA (Batik, Tenun & Mutiara) dengan total hadiah jutaan rupiah, serta Warisan Award.

Yang berbeda pada pelaksanaan Pameran WARISAN tahun ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian Wastra Indonesia kepada generasi muda, dengan mengadakan program Workshop dan Kompetisi Draperi yang akan melibatkan siswa/i SMK Negeri jurusan Tata Busana di DKI Jakarta.

Penyelenggaraan Pameran WARISAN tahun ini menargetkan transaksi ritel sebesar Rp20 miliar dengan 10 ribu orang pengunjung. Untuk masuk ke arena pameran WARISAN ini gratis masuk bagi pengunjung yang memakai busana batik / tenun / mutiara serta bagi pemegang undangan khusus. Pengunjung umum akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp 100 ribu per orang.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)