WE+ Gandeng Alfamart Permudah Akses Klaim Asuransi

Salah satu tantangan besar yang membuat masyarakat enggan membeli asuransi adalah sulitnya mereka mengajukan klaim asuransinya. WE+ yang merupakan smart insurance marketplace berbasisaplikasi, menjawab tantangan ini dengan dukungan teknologi dan menggandeng jaringan ritel besar Alfamart agar klaim asuransi semudah memesan ojek online.

Dengan kerja sama We+ dan Alfamart, tiga asuransi yang digandeng WE+ yaitu ACA, Adira Insurance Syariah, dan Simas Insurtech kini bisa dengan mudah mengklaim asuransinya di seluruh jaringan ritel tersebut.

Bukan saja dalam mengajukan klaim, pembelian asuransi mikro pun bisa dilakukan di lebih dari 13.900 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Dengan Alfamart sebagai claim payment point dari WE+ akan membuat lebih efektif dan efisien dalam hal distribusi klaim dari segi capex yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kantor cabang. Setiap klaim yang diajukan nasabah tetap melalui persetujuan pihak asuransi terlebih dahulu.  

WE+ sebagai smart insurance marketplace akan terus berkembang menjadi platform digital yang membuka inklusifitas akses terhadap semua pengguna.

Founder & CEO WE+, Fifi Henirawati, mengatakan, pada dasarnya setiap inovasi yang dilakukan di WE+ mengacu pada kebutuhan dan kenyamanan nasabah. Untuk itulah, WE+ bertekad untuk menciptakan infrastruktur klaim online untuk asuransi mikro, yang persetujan klaim tetap dilakukan oleh pihak asuransi bersangkutan.

“Saat ini berdasarkan data OJK per April 2019 hanya 60% orang Indonesia yang memiliki rekening bank. WE+ berkomitmen untuk menciptakan akses teknologi digital yang memudahkan masyarakat dalam pengajuan klaim langsung ke pihak asuransi yang bersangkutan. Adanya kerja sama dengan Alfamart untuk akses klaim terluas pertama di Indonesia tentunya memberikan solusi kepada masyarakat,” ujar Fifi.

Premi yang bisa diklaim di Alfamart melalui aplikasi WE+ adalah asuransi ACA demam berdarah (DBD) dengan premi Rp 10 ribu untuk 3 bulan dan Rp 50 ribu untuk satu tahun nilai uang pertanggungan Rp 1-10 juta membeli maksimal sebanyak 5-10 polis.

Selain produk DBD, produk asuransi mikro dari ACA yang dapat dibeli melalui WE+ antara lain Asuransi Dana Gempa, Asuransi Kecelakaan Diri Warisanku, Asuransi Rumahku, Asuransi Stop Usaha Erupsi dan Stop Usaha Gempa Tsunami.

Dari Adira Insurance Syariah jenis produk yang bisa diklaim melalui Alfamart juga ada Asuransi DBD Syariah dengan premi Rp 17.500 (3 bulan), Rp 30 ribu (6 bulan) dan Rp 50 ribu (1 tahun). Ketiga jenis asuransi demam berdarah syariah tersebut memberikan uang pertanggungan untuk santunan rawat inap maksimal Rp 5 juta. Setiap nasabah bisa membeli maksimal sebanyak 4 polis.

Sedangkan khusus untuk Simas Insuretech jenis asuransi yang bisa diklaim melalui gerai Alfamart adalah asuransi Flight Delay dengan premi Rp 50 ribu (durasi penerbangan min 2 jam) dan Rp 75 ribu (durasi penerbangan min 2 jam).

Kedua asuransi flight delay tersebut memberikan uang pertanggunhan Rp 500 ribu, khusus untuk premi senilai Rp 75 ribu akan mendapat santunan apabila nasabah mengalami cacat tetap, biaya perawatan medis dan meninggal dunia.

Fifi menambahkan, sebagai smart insurance marketplace, di awal berdirinya pada tahun 2018, WE+ hanya memiliki 1 produk dan mitra asuransi. Namun kini menginjak tahun kedua, sudah lebih dari 20 mitra asuransi dan 10.000 produk asuransi yang bergabung.

“Premi bisa dibayar secara online dan offline dengan proses yang mudah di WE+. Keseluruhan produk asuransi tersebut sebelumnya melalui proses kurasi yang valid oleh tim WE+. Di sisi lain, perlindungan data nasabah juga menjadi hal penting bagi WE+. Setiap data nasabah ataupun calon customer di WE+ dipastikan aman dan tidak diperjual-belikan,” jelasnya.

Sementara menurut Marketing Director Alfamart, Ryan Alfons Kaloh, belasan ribu gerai ritel ini merupakan nilai lebih yang mendukung terealisasinya objektif utama dari kolaborasi WE+ dan perusahaan-perusahaan asuransi. Program ini merupakan sistem klaim online di retail offline pertama di Indonesia. "Kami antusias dalam program ini, karena dengan memanfaatkan jaringan dan kemudahan layanan elektronik Alfamart , akan ada lebih banyak masyarakat bisa merasakan perlindungan asuransi,” ujar Ryan.

Senada dengan hal tersebut, Director ACA, Debie Wijaya dan Chief Sales and Distribution Officer Adira Insurance, Auralusia Rimadiana pun berharap kolaborasi ini dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak dan khususnya masyarakat luas serta berkontribusi dalam peningkatan penjualan Asuransi Mikro di Indonesia.

“Untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi, kami harus melakukan sinergi dengan mitra yang memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan Kemudahan bagi Pelanggan, termasuk dalam akses klaim. We+ adalah mitra strategis bagi kami, untuk itu kami sangat menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan produk Asuransi Mikro Adira Insurance Syariah di tengah masyarakat, dengan pelayanan klaim yang praktis dan mudah dijangkau Pelanggan di seluruh Indonesia,” papar Chief Sales and Distribution Officer Adira Insurance, Auralusia Rimadiana.

CEO Simas Insuretech, Teguh Aria Djana pun menyambut baiknya adanya kerja sama ini. Menurutnya WE+ sebagai partner merupakan pilihan terbaik untuk kategori insurance marketplace yang menghubungkan antara nasabah dan produk asuransi terbaik dengan harga yang bersahabat.

“Perkembangan teknologi yang pesat saat ini tentu berdampak besar pada kehidupan masayarakat, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan menggunakan gadget. Berdasarkan hal tersebut, Simas Insurtech melihat WE+ sebagai mitra strategis untuk jalur pemasaran digital khususnya untuk produk - produk asuransi mikro. Adanya kerja sama dengan We+ ini, maka Simas Insurtech berharap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan asuransi,” ujar Teguh.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)