WeKiddo Siapkan Aplikasi Pembelajaran via Smartphone

Ferry Irawan, CEO PT WeKiddo Digital Indonesia (depan).

Pesatnya perkembangan teknologi berimbas terhadap kemajuan berbagai bidang. Di bidang pendidikan misalnya, kehadiran aplikasi ruangguru banyak menawarkan kemudahan untuk pelajar. Aplikasi ini untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP,  SMA dan SMK sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari dari nonton video, latihan soal, les privat, dan tryout.

Keberhasilan aplikasi ruangguru, menginsipirasi para startup untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya WeKiddo, aplikasi belajar ini diperkenalkan sejak Juli tahun lalu. “Saat ini WeKiddo sudah memiliki sekitar 10 ribu downloader dan aplikasi ini tidak berbayar,” kata Ferry Irawan, CEO PT WeKiddo Digital Indonesia.

Ia menambahkan, aplikasi ini sebagai jembatan dan media interaksi antara sekolah, guru, siswa dan orang tua yang sangat mudah digunakan dan diakses. Saat ini Wekiddo sudah dikenalkan dan dipakai oleh 42 sekolah di Jakarta dan Bogor. “Penggunaan aplikasi WeKiddo seperti sekolah, guru, siswa dan orang tua tidak dikenakan biaya,” kata Ferry.

Diakui Ferry, melalui WeKiddo guru dapat mengunggah semua materi pembelajaran ke dalam smartphone yang dapat diakses oleh seluruh pelajar, kemudian guru juga dapat memberikan tugas dan projek yang harus dikerjakan siswa di rumah. Sesuai dengan topik mata pelajaran, guru dapat memberikan soal latihan kepada anak didik. 

Karena kegiataan belajar dilakukan di rumah, WeKiddo juga memberikan akses kepada orang tua untuk memantau seluruh kegiatan belajar mengajar yang berjalan melalui smartphone.

Menurut Murni Astuti MM, Kepala sekolah SMK N 2 Jakarta, manfaat menggunakan aplikasi WeKiddo komunikasi antar siswa, guru dan orangtua siswa dapat terhubung dengan baik. Selain itu, untuk monitoring kegiatan belajar siswa menjadi lebih mudah serta untuk guru dapat lebih efektif dalam mengajar dikelas baik waktu maupun dalam memberikan materi pelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta bidang SMK, Waluyo Hadi, menambahkan, aplikasi WeKiddo dapat menjalin komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dan murid di berbagai intensitas komunikasi menjadi lebih baik dan ini  tentu diharapkan akan dapat  menjalin kerjasama kepada pihak sekolah dengan orang tua untuk komunikasi yang intens. "Ini tentu output-nya akan menjadikan anak lebih baik dalam tumbuh kembang," ujarnya.

Menurut Waluyo, WeKidoo memiliki fitur yang sangat bermanfaat yang bisa digunakan oleh pihak sekolah dan juga murid seperti di antaranya, guru bisa memberikan tugas-tugas kepada peserta didik yang juga dapat dikerjakan oleh siswa di rumah dan kemudian, orang tua juga bisa melakukan monitoring secara online mulai dari kehadiran anak nya di sekolah hingga memantau nilai-nilai hasil belajar dari guru yang bisa diakses secara online oleh orang tua, kemudian orang tua juga bisa mengetahui seluruh aktivitas siswa yang ada di sekolah melalui aplikasi.

Dengan adanya kenyamanan dari pengguna langsung, Ferry berharap dengan adanya Wekiddo semoga dapat menjadi solusi dalam dunia pendidikan serta proses edukasi, baik di sekolah maupun di rumah, khususnya ketika terjadi bencana atau pandemic.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)