Management Trends

White Horse Group Ekspansi ke Layanan Pengiriman Makanan

Tahun 2020 merupakan tahun yang tidak terduga. Mayoritas bisnis mengalami penurunan terutama di bidang pariwisata & transportasi, mulai dari perusahaan besar hingga UMKM. Banyaknya orang yang tidak bisa bepergian berdampak pada meningkatnya transaksi digital konsumen di berbagai sektor.

Menurut data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang dirilis pada 08 Oktober 2020, posisi pertama dan kedua jenis pengeluaran digital konsumen per-bulan selama pandemi Covid-19 di duduki oleh pesan makanan (97%), jasa pengiriman (76%), lalu diikuti oleh transportasi (75%), belanja kebutuhan sehari-hari (74%), dan donasi (54%).

Sementara data dari dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usaha mikro tercatat 170.152 atau setara 86% dari 197.322 NIB yang diterbitkan melalui sistem Online Single Submission (OSS) sepanjang September 2020.

Merespon situasi dan kondisi yang terjadi saat ini, White Horse melihat peluang di layanan jasa pengiriman makanan antar kota. Layanan ini juga bertujuan untuk menjadi sarana pengembangan UMKM di bagian logistik, dimana market place online belum memfasilitasi semua UMKM.

Direktur Pengembangan Bisnis PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk, Andrianto Putera Tirtawisata pun optimistis bisnis baru ini dapat membantu mempercepat pemulihan bisnis White Horse. “Ke depannya kami juga berharap layanan ini menjadi sumber pendapatan yang signifikan dan dapat berkembang di area Jawa & Bali,” ujarnya.

Fitur pengantaran makanan White Horse diperkenalkan lewat anak usaha perusahaan, yaitu DayTrans dengan layanan yang diberi nama DayMall. Rute pengantaran menggunakan rute yang sudah tersedia di DayTrans, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Jepara & Solo.

Layanan DayMall bertujuan untuk mempermudah pengiriman makanan antar kota dengan durasi pengiriman makanan bervariasi, ada yang tiba di hari yang sama dan ada juga yang tiba di hari berikutnya. Sebagai contoh, konsumen di Jakarta dapat membeli produk Prima Rasa, Bandung dan langsung dikirim pada hari yang sama. Sedangkan untuk pengiriman Bakpia Tugu Jogja dari Yogyakarta, akan dikirim di hari berikutnya.

“Kemampuan untuk menghubungkan jarak antar kota melalui pengiriman makanan dalam waktu yang singkat membuat perusahaan menetapkan tagline ‘Jadi Lebih Dekat’ untuk merepresentasikan layanan DayMall,” lanjut Andrianto

Semenjak pertama kali diluncurkan pada September 2019 hingga Februari 2021, Day Trans berhasil mendapatkan 44.000 downloader. Pengiriman yang sebelumnya 150 order per bulan kini meningkat mencapai angka 1.200-1.500 order per bulan. Hingga berita ini di rilis, DayMall sudah berhasil melakukan lebih dari 5.000 pengiriman.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved