Wisata Bahari Labuan Bajo dan Likupang

Merupakan Destinasi Super Prioritas, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Likupang di Sulawesi Utara menawarkan wisata bahari yang penuh pesona bak surgawi.

Salah satu keindahan destinasi wisata Labuan Bajo (foto: sutterstock)

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan dengan pesona keindahan alam yang luar biasa. Dikelilingi lautan dan juga memiliki banyak pegunungan, Indonesia dianugerahi keindahan dari atas gunung hingga kedalaman lautnya.

Dua daerah yang sama menawan, menawarkan kekuatan wisata baharinya adalah Labuan Bajo, NTT dan Likupang, Sulawesi Utara. Panorama bawah laut dan keindahan pantainya sungguh sangat menjanjikan untuk dinikmati. Mari menjelajah ke daerah Destinasi Super Prioritas yang kini sedang disiapkan untuk menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata.

Wisata Elok Labuan Bajo

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa adalah Nusa Tenggara Timur (NTT). Kecantikan bawah lautnya begitu tersohor. Salah satunya adalah Labuan Bajo, sebuah desa di Kecamatan Manggarai Barat. Wisata Labuan Bajo selalu menarik untuk dikunjungi seperti Pulau Padar, Bukit Amelia, Gua Rangko, Pulai Bidadari, Pulau Komodo, Pink Beach, dan Bukit Porong.

Pulau Padar merupakan pulau ketiga terbesar di Labuan Bajo yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Pulau Padar ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo sendiri merupakan destinasi wisata Labuan Bajo yang telah terkenal di berbagai belahan dunia. Berikutnya ada Bukit Amelia. Keindahan sunset di Bukit Amelia cukup terlihat jelas. Keindahan semakin sempurna ketika melihat pemandangan gugusan pulau yang mengelilingi bukit tersebut.

Wisata Labuan Bajo selalu menyuguhkan wisata yang eksotis. Salah satunya adalah Gua Rangko. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah siang hari pukul 13.00-14.00, di mana matahari tepat berada di atas kepala sehingga cahayanya masuk ke dalam gua dan menunjukkan kesan mistis dan eksotis. Ada pula Pulau Bidadari dengan hamparan pasir putih di sekitar pulau yang membuatnya semakin terlihat indah. Air lautnya yang jernih dan tenang membuat Anda bisa berenang atau snorkeling.

Wisata Labuan Bajo yang tak kalah terkenal berikutnya adalah Pink Beach. Warna pink pada pasir di pantai ini sebenarnya berasal dari batu karang yang berwarna merah. Ketika nanti terkena sinar matahari maka warnanya berubah menjadi pink. Nah, setelah lelah bermain di pantai, maka spot terbaik yang tak boleh dilewatkan adalah menikmati sunset terbaik di Pulau Kelor.

Pink Beach Labuan Bajo (foto: kambinggunung.com)

Selain wisata bahari, ternyata Labuan Bajo juga menawarkan pemandangan alam di Bukit Porong. Bukit Porong terletak di Kampung Porong Tedeng, Desa Wisata Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat. Wilayah ini menawarkan pemandangan alam yang terbentang luas dengan hamparan sawah, perbukitan, dan air terjun yang memanjakan mata.

Indah Panorama Laut Likupang

Obyek wisata Likupang adalah sebuah kawasan wisata di Sulawesi Utara yang banyak menawarkan potensi wisata bahari. Panorama bawah laut dan pantai di sana menjanjikan untuk dinikmati. Untuk melihat kekayaan biota bawah lautnya, wisatawan bahkan tidak perlu menyelam atau melakukan snorkeling. Cukup menerbangkan drone beberapa puluh meter, maka jajaran karang beserta penghuninya akan dengan sangat jelas terlihat.

Likupang merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Luasnya sekitar 200 hektar, yang memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih. Likupang pun sedang disiapkan untuk menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata yang berpusat di Pantai Paal dan Pantai Pulisan.

Pantai Pulisan merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang berada di Minahasa Utara tepatnya di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari Airmadidi atau 50 kilometer dari Kota Manado. Deburan ombaknya yang sangat tenang membuat wisatawan bisa memuaskan diri dengan pemandangan bebatuan karang dan biota laut melalui kegiatan snorkeling dan diving. Pantai Pulisan malah punya perbukitan dengan padang savana yang elok. Bentuk pesisirnya yang berupa teluk, membuat Pantai Pulisan punya banyak spot pantai menawan.

Setelah puas dengan kegiatan wisata pantai dan bahari, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam perbukitan di belakang Pantai Pulisan. Kegiatan treking perbukitan ini sangat mengasyikan sekaligus melelahkan. Namun, seluruh rasa lelah itu akan impas saat menyaksikan keindahan alam dari atas bukit.

Objek wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Ekowisata Bahoi yang terletak di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Ekowisata Bahoi merupakan kegiatan pariwisata yang dikelola secara partisipatif oleh masyarakat. Keindahan terumbu karang pada Daerah Perlindungan Laut (DPL) menjadi andalan tempat tersebut. Tak hanya itu, Desa Bahoi juga miliki flora dan fauna di hutan mangrove, kawasan pasir putih, dan panorama desa yang asri.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)