WSBP Dukung Bulan K3 Nasional 2020 di Era Industri 4.0

Tahun ini peringatan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Nasional yang berlangsung dari tanggal 12 Januari-12 Februari 2020 bersamaan dengan peringatan 50 tahun K3.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah mengatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks. Untuk itu perlu strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien dan inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Sebagai bentuk komitmen terhadap K3, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) sudah 3 tahun secara rutin ikut serta menyelenggarakan peringatan bulan K3 Nasional. Tahun 2020 ini tema yang diusung yaitu "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”.

Rangkaian acara bulan K3 Nasional 2020 pun telah dilakukan, antara lain Sosialisasi Bahaya NAPZA di seluruh wilayah operasional perusahaan (Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, Jawa Barat, Jabodetabek dan Banten serta Kalimantan), Family Safety Awareness Training, Lomba Bulan K3 (Cerdas Cermat Mitra Kerja, Lomba Berburu Bahaya, Lomba Video Kampanye K3, dan Lomba Foto). Kemudian puncak acara bulan K3 Nasional 2020 diadakan di pabrik Kalijati pada 12 Februari 2020.

Puncak acara ini dibuka dengan apel K3. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat ISO 45001:2018, piagam ISCA (Indonesia Construction Safety Award), dan penghargaan Zero Accident, Launching Safety Golden Rules, Penetapan HSE Performance Indicator 2020, Sosialisasi Gerakan Anti Narkoba, Pembacaan & penandatanganan Komitmen P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Selain itu juga terdapat pemaparan NAPZA oleh Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen. Pol. Drs. Arman Depari.

Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk menyatakan tujuan pelaksanaan bulan K3 Nasional ini untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mencapai pelaksanaan budaya K3 secara optimal di setiap kegiatan usaha, dan meningkatkan penerapan K3 menuju masyarakat mandiri berbudaya K3. “Pada era 4.0 ini, diharapkan semua karyawan berpartisipasi aktif membudayakan K3. Sehingga budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja,” tambahnya.

Keseriusan WSBP dalam K3 ditunjukkan dengan berbagai penghargaan yang dicapai pada awal tahun 2020 ini, antara lain “CEO Safety Leadership Award, Private Precast Factory” untuk Direktur Utama WSBP, Jarot Subana dan “Safety Innovation Award for Private Contractor” yang diberikan oleh A2K4 (Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi). Selain itu Plant Prambon WSBP berhasimeraih penghargaan “Perusahaan Nihil Kecelakaan Kerja (Zero Accident) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 dengan Total 3.902.955 Jam Kerja Tanpa Kecelakaan Kerja yang Mengakibatkan Hilangnya Jam Kerja”,⠀dalam Acara Penganugerahan Penghargaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2020.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)