Xendit Pasar Nusa Dua Diharap Mengakselerasi UMKM

42-17170071

PT Sinar Digital Terdepan (Xendit) menyelenggarakan Xendit Pasar Nusa Dua ke-2 pada 28 September - 2 Oktober 2022 di Bali Collection, ITDC Nusa Dua Bali. Acara ini merupakan hasil kerja sama Xendit dengan SMESCO, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Brightspot.

“Kami berharap acara Pasar Nusa Dua ke-2 dapat menjadi sebuah acara showcase kemajuan usaha Indonesia serta meningkatkan kecintaan dan rasa bangga masyarakat dalam menggunakan produk lokal sebagai bagian dari #GerakanNasionalBanggaBuatanIndonesia,” ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia.

Dengan topik 'sustainable festival', acara tersebut akan menampilkan talenta, merek, dan produk dari Bali dan daerah Indonesia lainnya yang telah melalui proses kurasi. “SMESCO menghargai kolaborasi ini, terutama dalam mengedukasi dan menyediakan infrastruktur pembayaran digital yang memungkinkan UMKM Indonesia bersaing di pasar global,” ujarnya.

Xendit Pasar Nusa Dua tahun ini diikuti oleh 66 UMKM yang akan membawa produk kriya, fashion, kerajinan, hingga food & beverage dari Bali dan Indonesia Timur. Ke-66 UMKM tersebut terdiri dari usaha-usaha dalam komunitas Brightspot, UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dan juga merchant yang sudah bermitra dengan Xendit.

“Kolaborasi ini menjadi wujud sinergi yang baik antara BI, Pemerintah, dan industri dalam mendorong para pelaku UMKM menggunakan QRIS agar transaksi dapat berjalan cepat, mudah, murah, aman, dan andal,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho sembari mengatakan program tersebut sejalan dengan target BI untuk mendapatkan 15 juta pengguna baru QRIS di tahun 2022.

UMKM adalah sektor yang terus didorong oleh Pemerintah untuk berkembang, sebab UMKM diyakini berkontribusi besar terhadap pendapatan negara. Menurut data Badan Pusat Statistik, UMKM berkontribusi terhadap 60% Produk Domestik Bruto.

“Xendit telah membantu lebih dari 3.000 pelaku usaha di Indonesia, dan kami melihat bahwa Pasar Nusa Dua ke-2 merupakan sebuah sarana yang baik bagi UMKM untuk terus berkembang, khususnya di tengah momentum akselerasi  pemulihan ekonomi nasional,” ujar COO & Co-founder Xendit Tessa Wijaya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)