XL Axita Optimalisasi Kualitas Jaringan Ramadan-Lebaran

Plt Chief Techology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa saat virtual conference tentang program dan layanan XL Axiata Ramadan-Lebaran 2020

XL Axita melakukan reprioritas terhadap daerah, site dan proyek-proyek yang jauh lebih penting sejak diberlakukannya work from home (WFH) dan school from home (SFH). Perusahaan berupaya mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran virus dengan memberikan program, layanan dan produk yang baik untuk pelanggan.

Menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini pun XL Axiata menawarkan benefit bagi pelanggan serta menjaga kualitas jaringan terbaik melalui program #DiRumahLebihBaik dan #TerusSebarKebaikan. Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini, melalui penjelasan tertulisnya mengatakan, demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus berdiam di rumah terkait Covid-19, kami telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga dua kali lipat.

"Pada prinsipnya, kami akan ikut mendukung upaya untuk membuat pelanggan betah di rumah selama Ramadan, baik untuk beraktivitas produktif maupun beribadah. Itu semua akan bisa terlaksana dengan baik jika jaringan yang menopang program Ramadan juga memadai," jelasnya.

Dalam paparan live stream konferensi pers XL Axiata (22/04/2020), Plt Chief Techology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan kondisi masyarakat di kala Ramadan dengan lebih banyak di rumah, serta adanya arahan pemerintah untuk tidak mudik saat Idul Fitri nanti XL Axiata akan lebih fokus melayani residensial agar silaturahmi pelanggan berjalan dengan menyenangkan.

Gede memaparkan saat ini beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata seperti regional Sumatera sekitar 15,9%, regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8%, regional Central:Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan 15,5%, East:Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8%. Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66%, Instant Messaging 16%, Social Network 11,5%, dan lain-lain sekitar 6,5%.

Secara keseluruhan selama periode waktu diberlakukanya kebijakan WFH dan SFH, untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal, sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota atau wilayah khususnya di wilayah perumahan atau residensial.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan seperti untuk pelanggan XL prabayar adalah fitur Xtra Unlimited Turbo yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75%.

Bagi pelanggan non XL yg ingin mencoba bisa membeli Kartu Perdana XL yg sudah dilengkapi dengan fitur Xtra Unlimited Turbo melalui laman XL Axiata, saat ini sedang berlaku promo gratis ongkir yang didukung oleh partner Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com. Tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadan terdiri dari Paket Sahur, pukul: 03.00-05.00 wib, mulai dari Rp. 2.500 dan Paket Ngabuburit, pukul: 15.00 – 17.00 wib, mulai dari Rp 3.500, tapi promo ini hanya bisa didapat melalui aplikasi MyXL.

Sementara itu pelanggan paska bayar XL Prioritas bisa menikmati manfaat diskon plan bulanan dan booster bagi pelanggan baru dan promo diskon Booster, upgrade plan, dan bonus kuota kepada pelanggan setia.

Head Marketing Home XL Axiata, Bianca Hardin menjelaskan, layanan XL Home menyediakan program khusus Ramadan berupa Paket Ramadan Full Faedah dengan XL Home, paket promo IDR 299rb/bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps yang dikemas dengan XL Home Entertainment Box.

Kemudian yang saat ini masih berlangsung, program gratis akses data 2GB/hari dengan mengaktifkannya melalui aplikasi myXL, myXL Postpaid, atau Axisnet. Gratis 2GB/hari bisa pelanggan manfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu aktifitas belajar atau bekerja dari rumah.

Gede menambahkan selama Ramadan dan lebaran, XL Axiata memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa (normal). Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15%-20%, sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5% dan untuk layanan SMS trafiknya relative stabil. Berdasarkan data trafik lebaran tahun sebelumnya, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di kota-kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Lombok.

Bukan hanya memberikan layanan data, program dan produk yang mendukung, lanjut Gede, XL Axiata juga telah menyalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp 10 miliar melalui BNPB. Dan selanjutnya dari Rp 10 milliar tersebut sudah disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp 5 Miliar dan Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp 5 Miliar, serta Rp. 800 juta dalam bentuk APD yang disalurkan ke berbagai rumah sakit penanganan Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya.

Saat ini, XL Axiata juga membuka layanan SMS Donasi dengan cara menghubungi 1236116# pilih XLBerbagi_COVID-19 dan masukan nominal pulsa yang ingin didonasikan. Nominal donasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Hasil pengumpulan donasi pulsa pelanggan akan disalurkan untuk membantu tenaga medis Indonesia.”

Jumlah pelanggan XL Axiata saat ini mencapai lebih dari 56 juta pelanggan dengan dukungan jaringan data 4G yang tersebar hingga pelosok-pelosok Indonesia. XL Axiata memiliki lebih dari 130 ribu BTS, termasuk lebih dari 54 ribu BTS 3G dan lebih dari 40 ribu BTS 4G. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia. Jaringan XL Axiata juga ditopang fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km yang membentang dan menghubungkan berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)