XL Dukung Pembangunan Nasional Melalui Telematika

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini

XL Axiata merayakan HUT ke-24 pada 8 Oktober 2020 dengan memperkuat komitmen mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika. Perusahaan menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika sebagai salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menegaskan, keberadaan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi, internet, dan data digital akan semakin penting guna menopang pembangunan di semua bidang. "Saat pandemi tengah berjangkit seperti sekarang, masyarakat semakin merasakan urgensi keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital untuk mendukung hampir semua aktivitas kehidupan mana kala faktor kesehatan memaksa mereka untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari kerumunan," ujarnya (8/10/2020).

Perusahaan mendorong pemanfaatkan jaringan infrastruktur yang terus dibangun hingga kepelosok daerah dengan menciptakan berbagai layanan yang bisa mendorong produktifvitas masyarakat di setiap area. Salah satunya melalui layanan Internet of Thing (IoT), yang bisa memfasilitasi pelaku usaha besar hingga level kecil dan mikro untuk bisa menjadi lebih maju.

Berbarengan dengan pengembangan berbagai layanan inovatif tersebut, XL Axiata juga terus membangun jaringan data di semua wilayah Indonesia untuk meningkatkan kualitas koneksi dan memperluas wilayah jangkauan. Hingga akhir semester pertama 2020, jaringan data XL Axiata telah menjangkau lebih dari 93 \% populasi penduduk.

Total sebanyak 139 ribu unit BTS, termasuk lebih dari 49 ribu unit BTS 4G, menopang jaringan XL Axiata di 456 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, backbone fibre optic milik XL Axiata membentang sepanjang ribuan km menghubungkan semua jaringan yang tersebar di sebagian besar wilayah kepulauan Nusantara.

Salah satu layanan inovatif yang masih baru yang XL Axiata mulai implementasikan adalah Voice over LTE (VoLTE). Pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2020 lalu di kota Jakarta dan Medan, XL Axiata terus memperluas cakupan layanan VoLTE dan kini telah tersedia di 13 kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang dan Sidoarjo.  

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh beberapa ribu BTS 4G XL Axiata yang tersebar di kota-kota yang telah terjangkau layanan ini. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan infrastruktur jaringan di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE. Targetnya akhir tahun akan ada 50 kota di Indonesia yang bisa menikmati layanan ini.

Operator seluler ini juga elah bekerja sama dengan beberapa produsen smartphone untuk memastikan ketersediaan smartphone dengan layanan VoLTE seperti Huawei dan Xiaomi serta menyusul Samsung, Vivo, Advan dan Evercoss yang saat ini dalam tahapan testing. Jumlah smartphone yang mendukung layanan VoLTE XL

Hasil inovasi lain yang dikenalkan bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-24 tahun adalah pengembangan aplikasi myXL. Aplikasi ini memudahkan pelanggan prabayar dan Go IZI untuk mendapatkan layanan.

Melengkapi rangkaian kegiatan HUT ke-24 XL Axiata bersama dengan karyawan mengajak mitra kerja, pelanggan dan masyarakat umum melakukan kegiatan sosial berupa donasi smartphone dan penggalangan dana mulai tanggal 8 hingga akhir Oktober. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu para pelajar kurang mampu di area terpencil yang selama ini kesulitan untuk bisa memiliki smartphone sebagai sarana mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sasaran penyaluran donasi ini adalah para pelajar di pelosok-pelosok area yang berada di Nusa Tenggara, Sumatra, dan Kalimantan.

Program pengumpulan smartphone baru maupun bekas layak pakai ini terbuka bagi karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Smartphone bekas layak pakai tersebut bisa diserahkan ke XL Center seluruh Indonesia. Manajemen XL Axiata akan memberikan 1 buah smartphone baru untuk setiap smartphone layak pakai yang berhasil dikumpulkan.

Penyaluran donasi smartphone ini akan dibantu Benihbaik.com sebagai mitra XL Axiata. Sementara itu, pemilihan para pelajar penerima donasi akan dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk pelajar madrasah. Selain dalam bentuk smartphone, XL Axiata juga akan memberikan dukungan dalam bentuk dana tunai sebesar Rp 2,4 miliar, sesuai angka ulang tahun ke-24. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)