YABB Gandeng Slank Targetkan Pengumpulan Donasi Rp15 Miliar

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), yayasan di bawah payung platform Gojek, melakukan penggalangan dana untuk para pekerja upah harian dengan menggandeng Slank dan Kitabisa.com sebagai wadah crowdfundingnya.

Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa, Monica Oudang, menyatakan, ekonomi Indonesia ditopang oleh para pekerja upah harian. “Kami telah menyalurkan bantuan sembako untuk mitra driver Gojek di berbagai kota di Indonesia dan makanan gratis untuk para tenaga kesehatan,” kata dia.

Penggalangan dana ini akan mulai dibuka dari tanggal 29 April hingga 30 Juni. Dana yang terkumpul ditargetkan mencapai Rp15 miliar dan akan didistribusikan dalam bentuk paket sembako senilai Rp100 ribu. Target sasaran penerima adalah pekerja upah harian di seluruh Indonesia yang meliputi pedagang asongan, musisi jalanan, pemulung, tukang parkir, hingga supir angkot, taksi, ojek pangkalan dan online dari berbagai aplikator, dll. Sebagaimana diketahui, pekerja upah harian merupakan lapisan masyarakat yang paling rentan dan terdampak dari merebaknya wabah Covid-19.

Sementara itu, Slank mengatakan bahwa mereka terinspirasi untuk berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa dan Kitabisa saat menemukan video seorang mitra driver Gojek yang juga seorang Slankers, yang viral di Twitter. Di lagu tersebut, mitra driver Gojek tersebut menyanyikan lagu kami yang berjudul ‘Ku Tak Bisa’ sambil menampilkan foto-foto para mitra driver Gojek yang sedang membantu sesama dengan membagikan makanan atau sembako.

“Video tersebut mengingatkan kami bahwa di bulan suci Ramadhan, bukanlah waktu untuk saling berteriak mana yang paling perlu dibantu. Justru, setiap orang harusnya dapat menyisihkan sedikit rezeki, tenaga, atau waktu mereka,” kata Slank.

Untuk menyalurkan paket sembako tersebut, gerakan #SumbangSuara akan melibatkan berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi masyarakat yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)