Zenius Tingkatkan Awareness dengan Kampanye #IniBeneranLive

Videotron ungu di SCBD merupakan bagian dari kampanye #IniBeneranLive dari platform edukasi Zenius

Sejak awal pekan ini, tagar #VideotronUngu menjadi trending topic di Twitter. Ribuan netizen mengirimkan tweet bernada penasaran, mempertanyakan videotron yang terpampang di depan gedung IDX, SCBD. Video berlatar belakang ungu ini tak menampilkan promosi apapun, hanya sekelebat beberapa warga Jakarta yang sedang beraktivitas seperti biasa, disertai dengan angka countdown di bagian tengah.

Seorang pengguna Twitter dengan nama akun @Bayu_joo, keheranan melihat videotron berlatar ungu yang hanya menampilkan seorang laki-laki sedang tersenyum. Padahal, biasanya layar tersebut penuh dengan tayangan iklan dari berbagai merek. Video pendek yang ia bagikan di Twitter pun sudah dilihat oleh lebih dari 20.000 netizen dan mengundang berbagai komentar kocak.

Rasa penasaran netizen Indonesia terjawab pada (07/08/2020), ternyata, videotron ungu yang sempat viral tersebt merupakan upaya edukasi Zenius. Edukasi live yang dapat ditonton oleh semua orang yang ada di sekitar videotron. Pada pukul 6 sore tepat, videotron ungu ini resmi menampilkan tutor dari Zenius yang siap berinteraksi dengan para penonton secara langsung!

Videotron ungu tersebut merupakan bagian dari kampanye #IniBeneranLive dari platform edukasi Zenius. Kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana Zenius selalu menawarkan konten-konten edukasi dan persiapan ujian dengan cara yang unik dan secara live. Melalui platform dan aplikasi, setiap pengguna dapat mengakses sumber pembelajaran kapan saja dan dari mana saja, termasuk dari medium yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, yaitu videotron.

Teknik komunikasi yang digunakan oleh Zenius membuktikan bahwa kreativitas startup-startup Indonesia memang tak mengenal batas. Sebagai salah satu penyedia konten edukasi di Indonesia, Zenius dengan cerdik membuktikan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tak harus berlangsung di sekolah. KBM bisa berjalan dimana saja, baik di rumah, tempat les, dan bahkan di jalanan umum di ibukota, seperti yang dibuktikan oleh sang videotron ungu.

Strategi marketing seperti yang diterapkan Zenius patut mendapat pujian. Menggunakan cara-cara yang tidak konvensional seperti iklan biasa, teknik promosi Zenius justru memantik rasa penasaran dan memulai percakapan word-of-mouth di kalangan netizen Indonesia. Hasilnya, mereka berhasil mencapai trending topic Twitter dan menyebarkan kabar perusahaan dengan efek yang lebih luas.

“Platform Zenius tidak hanya dibuat untuk para siswa. Kami ingin terus membantu semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, baik itu guru, orang tua, maupun para siswa sendiri. Dengan tagline “Zenius untuk Semua”, kami ingin semua individu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Itulah sebabnya tim Zenius akhirnya memutuskan untuk menggratiskan puluhan ribu video materi pembelajaran serta latihan soal untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA,” kata Ary Mozta, Head of Social Media and Communications Zenius Education(07/08/2020).

Untuk menghadirkan pengalaman belajar online yang lebih baik, Zenius juga melebarkan sayap dengan meluncurkan produk Zenius Ultima dan Zenius Optima. Zenius Ultima ditujukan untuk para siswa yang hendak bersiap-siap menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di tahun 2021. Melalui layanan ini, para siswa bisa bertanya langsung pada para tutor seperti layaknya bimbingan belajar intensif. Selain itu, mereka juga bisa melakukan konseling jurusan, konseling pemilihan universitas, hingga evaluasi performa mereka.

Zenius Optima merupakan layanan bimbingan belajar online yang live dan interaktif. Berbeda dari video biasa yang bersifat satu arah, layanan yang satu ini membantu para siswa dari kelas 1-12 untuk bisa berinteraksi layaknya di ruang kelas biasa. Zenius Ultima dan Optima bisa diakses di aplikasi Zenius di Android dan iOS mulai dari bulan Agustus 2020.

"Kami telah mendalami dunia pendidikan selama 16 tahun terakhir. Seiring dengan perkembangan zaman, Zenius pun terus berinovasi menghadirkan layanan dan produk baru yang dapat menjadi solusi untuk tantangan yang sekarang kita hadapi. Kami siap mendukung para guru dan menjalankan misi kami untuk meningkatkan semangat belajar pada para pelajar Indonesia,” jelas Rohan Monga, Chief Executive Officer Zenius Education.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)