Zilingo Bagikan 5 Tips Branding di Medsos

Sebagai salah satu negara dengan populasi tertinggi di dunia, Indonesia memiliki lebih dari 175,4 juta pengguna Internet, di mana 160 juta di antaranya merupakan pengguna aktif 1 dari platform media sosial populer seperti YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter.

Situasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis untuk membangun reputasi dan menaikan engagement. Apalagi ditambah situasi pandemi global yang mendorong transaksi melalui online. Sarah Humaira, VP and Head of Marketing Zilingo, menjelaskan bahwa media sosial telah mengukuhkan posisinya sebagai alat pemasaran yang kuat, tidak hanya untuk mendapatkan followers, tapi juga menunjukan karakter dan nilai perusahaan secara daring.

“Kami membantu para brand dan bisnis untuk mengoptimalkan strategi pemsaran mereka, termasuk strategi branding di media sosial untuk mencapai tujuan bisnis dan mendapatkan banyak pelanggan,” kata dia.

Ada 5 strategi yang ditawarkan Zilingo untuk meningkatkan branding bisnis melalui media sosial. Pertama, mengetahui dan memahami target pasar, serta mendefinisikan pelanggan berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, minat, kebutuhan, perilaku pembelian, dan tantangan yang ada.

Kedua, penting untuk memahami inti dari pesan yang ingin disampaikan dan melalukan pendekatan yang sensitif dan bertanggung jawab. Ketiga, aktif di semua platform media sosial. “Perhatikan profil pelanggan dan gaya komunikasi masing-masing platform media sosial sebelum menentukan pilihan,” kata Putri Nindya, Social Media Strategist Zilingo.

Ketiga, konsistensi. Setiap kanal media sosial memiliki ciri khasnya sendiri. Waktu puncak yang dimiliki platform media sosial berbeda-beda. Hal ini dapat dijadikan acuan sebelum mengunggah konten. “Sesuaikan jadwal konten untuk setiap kanal media sosial dengan peak time yang ada sehingga kegiatan unggah tidak terasa berlebihan,” kata dia melanjutkan.

Keempat, perhatikan konten yang mendapatkan respon besar. Pos yang mendapatkan tanggapan baik dapat menunjukkan jenis konten yang pelanggan sukai. Selain itu, Putri menambahkan untuk memperhatikan kualitas pesan yang ingin disampaikan seperti warna, jenis gambar, keterangan, jenis barang atau layanan yang ditawarkan. Konsistensi ini akan membantu bisnis anda menonjol dibandingkan pesaing lain.

Kelima, membentuk komunitas. Cara ini dilakukan untuk menggaet konsumen yang benar-benar tertarik dengan merek atau produk anda. Pada komunitas ini, brand bisa berbagi informasi atau cerita tentang brand atau produk yang dipasarkan untuk kemudian mendapatkan tanggapan secara langsung. “Cara ini akan membangkitkan loyalitas brand dan memposisikan bisnis dengan lebih baik di mata pelanggan,” kata dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)