Zilingo Dorong UKM di Indonesia Go Global

Potensi UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia sangat besar. Mereka yang sudah melek e-commerce tentu ingin ingin jangkauan pasar produknya meluas ke negara lain. Zilingo online marketplace fashion dan lifestyle mendorong potensi ini dengan mengadakan program Zilingo Seller Loyalty dengan memberikan kursus Bahasa Inggris pada penjual setia di marketplace-nya. Mereka memahami salah satu tantangan go global para UKM adalah kendala bahasa.
Dikatakan Melina Marpaung, Head of Marketplace PT Zillion Tech Indonesia, Zilingo didirikan untuk menghubungkan pecinta mode baik seller maupun buyer di seluruh Asia dengan pilihan fashion yang sangat beragam, tapi kami memahami tidak semua seller memiliki kemampuan sama, itulah mengapa program Seller Loyalty Program Zillingo kali ini lebih ke edukasi.
"Seller Loyalty Program Zillingo ini diharapkan mampu menjadi motivasi bagi para seller untuk mengembangkan profil dan kinerja bisnisnya," ujarnya di Cocowork, Plaza Kuningan (05/09/2018). Program beasiswa pendidikan bahasa inggris ini merupakan bentuk penghargaan Zilingo terhadap para seller yang loyal, bersedia untuk tumbuh bersama dengan bisnis Zilingo di Indonesia.
"Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting di pasar perdagangan global. Semua orang membutuhkannya, apalagi untuk para seller Zilingo yang membidik pasar fashion Asia sekaligus untuk menyongsong datangnya era free trade 2020 mendatang. Dengan kapabilitas berbahasa inggris yang cakap tentunya memperbesar peluang mereka untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi ke ranah global," terang Melina.
Chandni Chainani, Head of Sales Zilingo menyebut saat ini ada 3000 seller yang tergabung di Zilingo, yang produknya merambah pasar global memang belum sampai separuhnya. "Maka itu kami dorong ke sana, dengan dukungan edukasi, salah satunya bahasa Inggris. Kami berharap tiap bulan terjadi peningkatan 30% seller yang bisa transaksi di pasar global," imbuhnya. 
 
Sebanyak 200 seller Zillingo dari 18 provinsi di Indonesia akan mendapatkan Loyalty Program yang resmi dimulai pada Oktober 2018 hingga akhir 2018. Dalam program ini, Zilingo menunjuk beberapa lembaga pendidikan bahasa inggris kompeten sebagai tenaga pengajar untuk sellernya. Selain sellerreward beasiswa les bahasa Inggris ini juga bisa dialihkan kepada anak dari seller sebagai penerima.
"Mereka yang berhak mendapat program ini merupakan seller Zilingo yang berhasil meraih angka penjualan tertinggi sepanjang tahun 2017 sampai pertengahan 2018," kata Chandni. Walau begitu bukan hanya angka penjualan saja yang menjadi pertimbangan, tapi juga konsistensi reputasi pelayanan juga dipertimbangkan. Sayang ia menolak menyebut berapa patokan target penjualan seller untuk bisa mengikuti program ini. 
"Kami merasa sukses jika bisa membuat para partner termasuk seller menjadi lebih sukses terlebih dahulu. Investasi yang kami lakukan adalah membuat para seller Zilingo bisa menang di pasar mode Asia,” tegasnya.
 
Lebih lanjut lagi Chandni menjelaskan pertumbuhan seller lokal yang juga sebagai produsen meningkat tajam seiring pertumbuhan bisnis Zilingo di Indonesia. Kualitas dan keragaman produk serta brand fashion dalam negeri menunjukan bahwa produk fashion lokal memiliki daya saing di pasar fashion internasional.
 
“Banyak sekali merek fashion lokal yang sudah mendapatkan hati di masyarakat. Di Zilingo, seller yang juga produsen pun beragam mulai dari busana muslim, bahan jeans dan yang lainnya. Omset mereka bahkan sampai ratusan juta perbulan. Apabila dibekali dengan kapabilitas berbahasa inggris yang cakap tentunya memperbesar peluang mereka untuk mengembangkan bisnis ke ranah global,” tuturnya.
Sisilia Zulfiyantini, seller Zilingo asal Bandung yang menjual produk fashion demim merasakan kelebihan bergabung dengan Zilingo. "Mereka fokus mengelola kami, paham yang kami mau dalam membangun brand dan produk," tutur Sisilia yang membangun bisnis sejak 2004. Ia mengaku porsi penjualan produknya di Zilingo menempati 30-35% dari total penjualannya. "Penjualan saya di Zilingo walau baru satu tahun menyamai pejualan produk yang sama di marketplace lain yang usianya sudah 7 tahun," ungkapnya tanpa menyebut detil angka.  
Maka itu ia makin gembira kala terpilih sebagai salah satu penerima Beasiswa Bahasa Inggris dari Zilingo Seller Loyalty Program. Sisilia yang sehari-hari memasarkan brand 2nd Red di Zilingo berhasil membukukan angka penjualan tertinggi di kategori fashion denim.  
 
“Senang sekali pastinya. Semua seller pasti mimpinya bisa membawa produknya tembus ke pasar luar negeri. Semoga dengan ikut beasiswa bahasa inggris dari Zilingo Seller Loyalty Program, Saya bisa lebih lancar dan percaya diri dalam berkomunikasi mengunakan bahasa inggris sehingga memudahkan dalam memasarkan produk,” ungkap Sisilia.  
 
Selain beasiswa pendidikan bahasa inggris, kegiatan lainnya dari Seller Loyalty Program Zilingo adalah dengan memberikan fasilitas medical check up secara gratis dari salah satu klinik kesehatan nasional ternama. Sementara Melina menambahkan ke depannya tidak menutup kemungkinan Loyalty Program Zilingo akan dikembangkan dalam wujud kegiatan lain yang lebih beragam.
Zilingo termasuk fenomenal, dalam waktu 4 bulan sejak peluncuran campaign #Siapasihlo pada Maret 2018 lalu, marketplace ini berhasil mendatangkan 7 juta pengunjung setiap bulannya.  Dan sudah ada 3000 seller bergabung di Zilingo, dengan 100 merek ritel fesyen lokal yang tentunya berpotensi dibawa ke pasar global. 
Editor : Eva Martha Rahayu
wwww.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)