Zipmex Tingkatkan Pemahaman pada Investasi Aset Digital dengan Bangun Komunitas

Generasi muda Indonesia belakangan sedang gandrung investasi di aset digital atau aset kripto. Tentu harus didasarkan pengetahuan yang baik agar mereka tidak sekadar ikut-ikutan tren saja. Memahami hal ini, Zipmex Indonesia, sebagai salah satu pemain di aset digital ini tidak ingin sekadar mengajak sebanyak-banyaknya investor tapi juga ingin mereka memahami dan menjadi investor aset digital yang cerdas.

Untuk diketahui Zipmex merupakan platform jual beli bitcoin dan investasi aset digital yang beroperasi selain di Indonesia juga Australia, Thailand dan Singapura. Sebagai penyedia layanan investasi aset digital, Zipmex yang didirikan oleh Marcus Lim pada Agustus 2018 dan bermarkas di Singapura ini, dikenal lengkap menyediakan aset digital yang bisa diinvestasikan dan terjaga keamanannya.

Di Indonesia sendiri, aplikasi Zipmex  merupakan aplikasi trading yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan telah lulus ISO. Dan merupakan satu-satunya platform yang memberikan asuransi untuk wallet dan aset kriptonya. Sehingga jika ada peretasan, investasinya tetap aman, karena dijamin oleh asuransi.

Dalam sebuah wawancara khusus Yoga Sugeharto Country Head Zipmex Indonesia mengakui perkembangan investasi aset digital sangat pesat di Indonesia sepanjang pandemi ini. Selain dipengaruhi perkembangan tren dunia, generasi muda Indonesia menurutnya juga memiliki dorongan mencoba berbagai investasi termasuk di aset kripto ini.

Yoga Sugeharto Country Head Zipmex Indonesia

Yoga menyebut pertumbuhan luar biasa ini terlihat dari sejak kuartal keempat 2020 hingga awal tahun ini bisa tumbuh 100%. Menariknya, seperti investor di pasar saham, para investor di aset digital ini pun memiliki karakter berbeda. Ada yang memiliki karakter agresif sehingga mereka cenderung mengambil risiko tinggi dengan mencari gain (keuntungan) tinggi dalam waktu cepat. “Tapi tentu saja ini berisiko lost tinggi juga,” imbuhnya.

Ada juga yang karakternya lebih mapan, jadi mereka lebih memilih menempatkan investasi aset digital ke yang prospeknya jangka panjang. Atau ada yang merupakan kombinasi keduanya. “Saya pikir sah-sah saja, karena masing-masing orang karakternya berbeda. Yang jelas, kami dari Zipmex menyediakan fasilitas dan layanan yang mendukung karakter-karakter tersebut,”ujarnya. Sebagai platform investasi digital, Zipmex tergolong lengkap dengan menyediakan exchange mata uang digital teregulasi dan berbagai pilihan aset digital.

Yoga menegaskan bahwa pihaknya ingin terus meningkatkan awareness para investor dan calon investor terutama generasi muda, tentang pentingnya memahami yang mereka investasikan. Ini sebagai tanggung jawab perusahaan pada para investornya.

“Kami terus mengedukasi, baik melalui media sosial, website Zipmex, juga melalui berbagai diskusi tentang investasi aset kripto serta melalui komunitas. Dengan begitu, investor mau mengalokasikan lebih dana investasinya di aset kripto,” terangnya.

Menariknya, salah satu upaya edukasi dan meningkatkan awareness tentang investasi di aset digital yang dilakukan Zipmex adalah membangun Zipmex Troops, Komunitas Zipmex Indonesia. Di sini, para investor juga calon investor bisa berbagi informasi serta pengalamannya melalui aplikasi Telegram. Untuk menggaet para calon investor untuk memulai investasinya bisa hanya dari senilai Rp 50 ribu saja.

“Awalnya mereka inginnya agresif, menaruh yang gain-nya tinggi, namun dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman yang mereka dapatkan, melalui diskusi di komunitas ini, mereka akan mulai memegang invetasi aset kripto jangka panjang atau kombinasi keduanya,” terangnya.

Ia menyarankan mulai dari bitcoin, lalu ke Dogecoin yang baru masuk di Zipmex yang sempat trending. Saat ini Zipmex menyediakan puluhan aset kripto, di antaranya Bitcoin, Litecoin, Ethereum, terakhir ada Dogecoin. “Pahami dulu, pelajari, ikut komunitas, jadi bisa saling berbagi pengalaman. Ini penting agar sebagai investor di aset kripto, kita benar-benar memahami bukan sekadar ikut-ikutan,” tandasnya. Yoga mengajak yang tertarik di investasi aset digital ini menggunakan platform yang aman dan secara aktif membangun knowledge penggunanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)