Zulkifli Zaini Berbagi Kiat Berkarier dari Account Officer Menjadi Dirut Bank Besar



Menjadi salah satu pembicara kunci dalam acara webinar bertajuk Indonesia Young Business Leaders yang diselenggarakan SWA bersama PLN pada 18 Februari 2021, Dirut PLN Zulkifli Zaini membawakan topik terkait transformasi dan leadership. Ketika akan mengakhiri sesinya, mantan Dirut Bank Mandiri ini menyampaikan pesan penting untuk peserta webinar yang rata-rata generasi milenial. Pesan ini ia sampaikan karena dalam berbagai kesempatan menjadi pembicara sering mendapat pertanyaan: “Bagaimana bapak dari seorang account officer bisa menjadi Dirut Bank besar?”

Zulkifli mengaku dalam berkarier tidak pernah merancang karier ingin menjadi apa. Satu hal yang konsisten ia lakukan sepanjang kariernya adalah dengan “Bekerja melebihi harapan dari pemberi kerja”. “Ketika saya diberi target 100 oleh atasan, saya akan berusaha untuk mencapai 110, 120, 130, dan seterusnya,” tuturnya. Setelah itu ia menyerahkan sepenuhnya penilaian kepada atasannya dan tak pernah berfikir akan menjadi apa. Tapi, kita semua tahu, Zulkifli yang mengawali karier di Bank Mandiri mulai dari posisi bawah, pada akhirnya mencapai posisi puncak dipercaya menjadi Dirut bank terbesar di Indonesia itu.

Satu hal fundamental lain, menurut Zulkifli, jika kita diberi amanah maka kita harus menjaga sebaik-baiknya amanah itu. “Karena amanah itu ibarat cermin, jika sekali retak tidak akan pernah kembali seperti semula. Maka, jaga sebaik-baiknya amanah dan kepercayaan yang kita terima,” tegasnya.—Redaksi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)