Zurich Siap Kembangkan Asuransi Syariah

Ilustrasi asuransi (Foto: Istimewa)

Pada November 2019 lalu, Grup Zurich Insurance mencatatkan akuisisi saham Adira Insurance sebesar 80%. Menyusul kesuksesan tersebut, kini perusahaan berencana untuk mengkonversikan salah satu entitas usahanya yakni, PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) menjadi perusahaan asuransi umum Syariah. Langkah ini ditempuh untuk memperkuat skala bisnisnya di Indonesua.

Hilman Simanjuntak, CEO PT Zurich Insurance Indonesia, mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar penting untuk Zurich. “Kami memiliki ambisi untuk mengembangkan dan memperkuat unit bisnis asuransi Syariah, umum, dan jiwa kami di Indonesia,” kata dia.

Lebih jauh, dia menjelaskan, strategi tersebut diambil untuk medukung pengembangan industri keuangan syariah yang selaras dengan visi pemerintah untuk mengembangkan eksosistem syariah di Indonesia. “Sebagai perusahaan asuransi multinasional, kami berusaha untuk berinovasi dan berinteraksi dengan nasabah,” ujarnya.

Rencana ini juga dilakukan untuk tetap mengikuti perkembangan pola dan perilaku konsumen di Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan mengembangkan produk yang bisa diakses secara digital maupun distribusi konvensional.

Perusahaan asuransi syariah yang berada di bawah naungan Zurich Insurance Group ini direncanakan akan mulai beroprerasi pada tahun 2021 mendatang dengan nama PT Zurich General Takaful Indonesia (ZGTI). Setelah konversi dilakukan, nasabah ZII bisa memilih untuk memperbarui kontrak polis mereka untuk produk asuransi umum konvensional dengan Adira Insurance atau mengganti kontrak polis mereka menjadi polis asuransi umum Syariah dengan ZGTI.

Zurich Indonesia saat ini memasarkan solusi asuransi jiwa melalui PT Zurich Topas Life (ZTL) dan asuransi umum melalui Adira Insurance.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)