Memikat Investor dengan Wilayah Strategis Kota Tangerang

Kota Tangerang semakin serius memaksimalkan potensinya guna memaksimalkan investasi di wilayahnya. Terbukti, dari tahun ke tahun pertumbuhan investasi di daerah yang berdekatan dengan pusat pemerintahan ini, terus berkembang. Menjadi leading sebagai pusat bisnis, adalah cita-citanya. Oleh sebab itu, segala daya dan upaya dikerahkan agar investor terpikat dengan strategisnya wilayah Kota Tangerang.

Kebanyakan dari para pengusaha, selalu memperhatikan lokasi saat mereka akan membuka bisnis di suatu daerah. Sederhananya, lokasi yang strategis menentukan efi siensi bagi bisnisnya kelak. Maklum, karakter pebisnis semacam ini, tak tanggung-tanggung untuk melakukan investasi besar. Oleh sebab itu, jangan heran manakala keberadaan tempat dan lokasi sebuah daerah, menjadi prioritas mereka untuk menanamkan investasi. Lokasi yang strategis itu pun dimiliki oleh salah satu kota di Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang. Dilihat dari sisi kawasannya, Kota Tangerang dekat dengan pusat pemerintahan dan bandara.

H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes., Wali Kota Kota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes., Wali Kota Kota Tangerang

Menilik dari sisi itu saja, sudah bisa dianalisis jika total realisasi investasi di kota yang memiliki tagline ‘Seribu Industri, Sejuta Jasa’ ini mencapai angka Rp 2.309 triliun pada tahun 2015. Nilai total realisasi investasi tersebut, didominasi oleh Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan pencapaian Rp 1.212,7 triliun. Sementara, untuk Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai angka Rp 1.096,2 triliun. Namun menariknya di sisi PMA, Kota Tangerang menjadi nomor wahid dibandingkan dengan wilayah yang berada di lingkup Provinsi Banten.

“Ya sebenarnya, berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Tangerang, Banten, ini terkait PMA itu paling tinggi. Itu makanya, kalau kita evaluasi mengapa Kota Tangerang sangat strategis di sisi investasi, karena dekat dengan bandara, akses tol, sekarang ini ada dua akses tol. Nah, ke depan, akan berkembang menjadi enam akses tol, dan rencananya akhir tahun ini ada ground breaking untuk kereta api bandara. Jadi memang, aksesnya kemana-mana lebih dekat,” ujar Wali Kota Kota Tangerang, H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes.

Arief pun mencontohkan beberapa perusahaan yang sudah membenamkan investasinya di kota yang ia pimpin, seperti pabrik ponsel Oppo dan Adidas. Kedua perusahaan tersebut, memilih Kota Tangerang untuk dijadikan investasi, lantaran strategisnya kota yang bertetangga dekat dengan pusat pemerintahan ini. Terlebih, dengan akan diperluasnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, akan membuat Kota Tangerang semakin strategis. Oleh sebab itu, Kota Tangerang ke depan memiliki konsep pengembangan sebagai Kota Aerotropolis. Kota Aerotropolis sendiri, merupakan konsep pengembangan kota yang berbasis bandara.

“Makanya, jika Kota Tangerang ini pelan-pelan akan menjadi pusat bisnis. Terbukti, sudah ada beberapa investor yang menjadikan Kota Tangerang sebagai kantor pusat perusahaan mereka. Apalagi dengan adanya tempat hunian seperti Alam Sutera, Modernland, Green Lake akan semakin nyata jika kelak Kota Tangerang mampu menjadi pusat bisnis,” tuturnya.

Meskipun sisi investasi digalakkan, tetapi dirinya juga tak melupakan hal-hal yang mendukung agar investasi terus tumbuh dengan memberikan kemudahan perizinan seperti pendaftaran yang bisa diajukan hanya melalui online. Pendaftaran perizinan secara ini, diakui Arief, memang sedang dilakukan pengembangannya yang diperkirakan rampung akhir tahun ini. Selain itu, sisi keamanan, akses transportasi, dan jumlah SDM menjadi fokus utama di masa kepemimpinannya. Dikatakannya, ketiga sisi tersebut, saat ini sudah dijamin mampu mendukung proses bisnis bagi investor yang akan menanamkan investasinya.

“Nah, itulah kami berharap, Kota Tangerang bisa menjadi tujuan investasi di mana bagi para pengusaha dari sisi keamanan terjamin, akses transportasi memadai, dan jumlah SDM yang cukup kapabel. Soal keamanan, kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait perihal keamanan. Sementara, dari soal suplai tenaga kerja, Kota Tangerang ini dijadikan sebagai pusat beberapa Perguruan Tinggi juga. Jadi, jumlah total Perguruan Tinggi yang ada di Kota Tangerang sekitar 30. Dengan banyaknya Perguruan Tinggi tersebut, Kota Tangerang mampu menyuplai entrepreneur tenaga kerja untuk industri.”


Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)