100 Bus Wonderful Indonesia Marakkan Asian Games 2018

Menyambut Asian Games 2018, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meluncurkan 100 bus Wonderful Indonesia-Asian Games 2018. Tujuannya untuk mempromosikan Wonderful Indonesia ke seluruh dunia.

“Dengan adanya Wonderful Indonesia di badan bus diharapkan bisa memperkenalkan wisata Indonesia kepada peserta Asian Games,” ujar Menteri Arief.

Menurutnya, dalam perhelatan akbar ajang olahraga terbesar di Asia ini, bisa menjadi momentum yang baik untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Pasalnya, menurut perhitungan Bappenas akan ada 45 negara yang akan mengikuti ajang olahraga ini, sehingga diperkirakan ada 170 ribu wisatawan mancanegara (wisman) yang terdiri dari 100 ribu atlet, 5 ribu official, 5 ribu awak media dan 150 ribu penonton dan devisa yang diperkirakan mencapai Rp 3 triliun.

Untuk penyediaan bus ini, Kemenpar bekerja sama dengan 3 penyedia transportasi bus yaitu Transjakarta, Damri Airpot Bus, dan Blue Bird Shuttle bus. Sebanyak 100 bus tersebut telah di-wrapping menampilkan branding Wonderful Indonesia. Selain itu, di badan bus tersebut juga ditampilkan gambar destinasi wisata yang didorong oleh Kemenpar khusus untuk ajang Asian Games 2018 ini seperti Bundaran HI, Borobudur dan lainnya.

Nantinya, bus ini akan dijadikan moda transportasi para atlet dan official 45 negara peserta Asian Games 2018 serta awak media. Diharapkan saat pertama kali mereka menginjakan kaki di Indonesia, akan dimanjakan dengan keindahan destinasi pariwisata Indonesia yang terpampang di badan bus. Selain itu, mereka juga akan merasakan keramahan masyarakat Indonesia yakni dengan layanan yang baik dari pengemudi serta awak busnya.

“Bus tersebut juga akan terus berkeliling di Jakarta dari awal perhelatan Asian Games hingga bulan Desember 2018. Kalau 100 bus berkeliling Kota Jakarta, pasti akan kelihatan branding Wonderful Indonesia,” jelasnya.

Ia optimistis, dampak dari pemasangan branding Wonderful Indonesia-Asian Games 2018 i sangat besar. “Media value-nya besar sekali di mana ajang olahraga ini akan disiarkan di 200 negara sehingga tidak rugi untuk menggunakan momentum tersebut sebagai promosi destinasi wisata,” kata Menteri Arief.

Senada dengan Menpar, Tenaga Ahli Bidang Manajemen Strategis Kemenpar, Priyantono Rudito, menjelaskan, momentum ini baik digunakan sebagai exposure. “Ini momentum sangat berharga untuk mempromosikan wisata di daerah dan akan memiliki dampak branding yang kuat. Juga untuk mendorong pencapaian target 17 juta wiswan di tahun ini,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga mengatakan, “Ini bukan hanya branding, tetapi juga menyandang nama Indonesia,” kata Uno dalam sambutannya.

Direktur Utama Transjakrta, Budi Kaliwono sebagai salah satu penyedia transportasi yang di-wrapping Wonderful Indonesia merasa bangga bahwa pihaknya bisa terlibat langsung untuk menyukseskan Asian Games 2018. “Ini suatu hal yang positif dengan adanya gambar destinasi wisata di badan bus Transjakarta, karena akan menjadi daya tarik orang naik bus Transjakarta, dan bisa dimanfaatkan untuk berfoto,” kata Budi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)