Asian Games 2018 Resmi Ditutup, Indonesia Raih 98 Medali

 

Setelah kurang lebih dua minggu digelar perhelatan akbar olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 akhirnya resmi ditutup. Penutupan dilakukan oleh Presiden Olympic Council of Asia, Sheik Ahmad Al Fahad Al Sabah bersama Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Presiden International Olympic Committee, Thomas Bach.

Prosesi penutupan AG dilakukan penurunan bendera OCA dan serah terima bendera OCA dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta,  Baswedan; Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin; Ketua Inasgoc, Erick Thohir kepada Presiden OCA. Selanjutnya, diserahkan ke delegasi China oleh Menko PMK Puan Maharani sebagai tuan rumah Asian Games  berikutnya di tahun 2022.

Pada Asian Games tahun 2018 ini, Indonesia selaku tuan rumah berhasil menduduki posisi ke-4 dengan total 98 medali. Di posisi pertama atau juara umum dimenangkan oleh China dengan raihan medali 289, kemudian Jepang di posisi kedua dengan 205 medali. Sementara Korea Selatan menduduki posisi ke ketiga dengan 177 medali.

Di adakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), penutupan Asian Games 2018 berlangsung gegap gempita dengan bertaburnya kembang api. Tak hanya itu, berbagai penyanyi dari dalam negeri hingga luar negeri ikut memeriahkannya. Dua boy band asal Korea, Super Junior dan iKon berhasil memecahkan suara penonton di GBK.

Berbeda dengan pembukaan, di acara penutupan kali ini, Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir langsung. Namun menyampaikan pidatonya dari melalui video yang didampingi oleh Gubernur NTB dan bersama masyarakat korban gempa di Lombok. "Asian Games 2018 memang sampai disini tetapi semangat Asia tetap di dada, selamat dan terima kasih kepada kontingen seluruh negara peserta atas capaian prestasi, kehangatan dan semangatnya, inilah energi of Asia yang sesungguhnya bersatu membawa kebaikan," kata Jokowi.

Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada kontingen Indonesia atas capaian prestasinya berkat optimisme, energi yang positif perolehan medali emas jauh melebihi target. Selain itu, Jokowi juga meminta doa kepada peserta Asian Games dan rakyat Indonesia seluruhnya agar mendoakan Kota Lombok agar dapat pulih dari bencana alam. "Semoga Lombok cepat pulih dan lebih baik dari sebelumnya," harap Presiden.

Sementara, dalam sambutan Wapres Jusuf Kalla,  mengatakan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh atlet Indonesia atas kerja kerasnya untuk mengharumkan nama bangsa. "Kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Indonesia, sekali lagi saya ucapkan selamat untuk kita semua, yang telah berhasil mewujudkan Asian Games ke-18 ini meraih tiga sukses: dari sisi sarana dan prasarana, dari sisi penyelenggaraan, dan dari sisi prestasi," ujarnya. Menurut JK, ini adalah capaian prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah selama keikutsertaan di Asian Games. Sebelumnya, Indonesia berada di peringkat ke-17 pada Asian Games ke-17 dengan 4 medali emas di Incheon, Korea Selatan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)