Bisnis Kue Savana Cake Fitri Carlina untuk Pariwisata Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi cukup beruntung memiliki Fitri Carlina sebagai duta pariwisata. Penyanyi dangdut berparas cantik ini tidak hanya aktif mempromosikan Banyuwangi melalui bidang tarik suara, tetapi juga baru-baru ini ia meluncurkan bisnis kue yang bernama Banyuwangi Savana Cake (BSC) yang didedikasikan untuk pariwisata Banyuwangi.

Bahkan pada bulan November (14/11/2017), bisnis terbarunya ini digandeng oleh Kementerian Pariwisata untuk ikut kerja sama co-branding dalam rangka mempromosikan brand pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Di sela-sela acara penandatangan kerja sama tersebut, Fitri mengatakan dirinya bangga dihubungi langsung oleh Menteri Arief Yahya untuk bekerja sama dengan brand pariwisata tingkat dunia tersebut.

“Suatu kebanggan bisa ikut digandeng oleh brand yang sudah mendunia yaitu Wonderful Indonesia. Terlebih lagi bahwa Banyuwangi Savana Cake ini memang aku dedikasikan untuk pariwisata Indonesia khususnya Banyuwangi, Wonderful Indonesia dari segi promosinya kan tidak main-main ya, tingkat dunia. Ini akan mempermudah aku ke depannya untuk meningkatkan brand aku. Ibaratnya sudah dapat jalurnya nih jadi tinggal mengikuti, selain dari branding-nya tim aku sendiri,” ungkapnya.

Bisnis kue yang mulai berjalan sejak Bulan Agustus ini mendapat respons positif dari masyarakat. Terbukti dari banyak permintaan di mana per harinya ia memproduksi sampai 1500 boks. “Perkembangannya Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa dan menyambut gembira.Sampai sekarang produksi bisa mencapai 1500 boks per hari. Bahkan kemarin juga ikut serta di Banyuwangi Ethno Carnival juga, karena di carnival itu kan ada 72 festival dalam setahun,” ujarnya.

Fitri menjelaskan, varian dan nama-nama cake produksinya ini mencoba merepresentasikan Banyuwangi. 5 varian rasa kue yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng.

"Itu nama-nama destinasi wisata Banyuwangi. Jadi sambil menjual cake yang kita buat, kita juga promosikan destinasi wisatanya. Warna-warni kue-nya yang biru kayak blue Fire Kawah Ijen, Kuning seperti Sunrise of Java dan masih banyak lagi," paparnya. Fitri bermaksu mengajak bernostalgia dengan kejayaan Banyuwangi yang dulunya terkenal dengan sebutan kota pisang dalam bentuk cake kekinian yang berbahan dasar pisang.

Fitri mengaku sejak dahulu sudah memiliki ketertarikan pada kue dan pastry. Oleh karena itu dalam bisnisnya ini ia terjun langsung dalam mengawasi, mulai dari memilih bahan sampai tahap mencicipi. Bahkan hingga saat ini telah banya permintaan untuk membuka cabang di daerah lain. Namun, pungkas Fitri, dirinya ingin fokus dulu untuk pop store di daerah Banyuwangi.

“Aku dan ibuku memiliki basic bisa membuat cake, pastry, dan semacamnya. Aku juga mengajak chef bintang lima, tetapi tetap aku berperan sebagai tester-nya.Karena dalam pemilihan jenis cake, jenis topping dan lainnya atas prakarsa aku sendiri. Semua alur tahapan aku ikut in charge. Begitu juga dengan nama variannya. Sebagai Putri Daerah Banyuwangi, aku sangat getol ingin mempromosikan pariwisata Banyuwangi. Manajemen juga mempercayai prakarsa yang aku buat. Savana ini juga masih satu holding dengan Cirebon Kelana juga,” jelasnya.

Setelah digandeng oleh Kemenpar, BSC sudah mempersiapkan hal-hal yang mendukung kerja sama tersebut, terutama sejumlah banner dan boks cake yang berlogo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. “Banner juga sudah disiapkan, boks-boks kue juga sudah dipesan yang ada logo Wonderful Indonesia untuk produksi berikutnya. Supaya wisatawan Banyuwangi yang dari luar bisa tahu, di sinilah upaya kami untuk membranding Banyuwangi Savana Cake dengan Wonderfu Indonesia,” ujarnya.

Ke depannya, Fitri memprediksi bahwa pariwisata di Indonesia khususnya di Banyuwangi bisa mberkembang menjadi luar biasa, terlebih ditunjang oleh kerja sama semacam ini dan para pemimpin yang memperhatikan dalam pengembangan destinasi wisata.

“Aku melihat prediksi pariwisata Banyuwangi ke depannya akan bagus karena berbagai destinasi di sana itu sangat luar biasa. Aku merasa sekarang pariwisata di bawah kepemimpinan Pak Arief dan Banyuwangi di bawah kepemimpinan Pak Anas semakin menggeliat, dan ini timing-nya cocok,” ujar adik dari Nini Carlina ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)