zkumparan News

Co-brandingTelkomsel-Wonderful Indonesia Hadirkan Simpati Khusus Wisman

Co-brandingTelkomsel-Wonderful Indonesia Hadirkan Simpati Khusus Wisman

Potensi wisatawan mancanegara (wisman) yang ditargetkan Pemerintah bisa tembus 20 juta sangat menarik jika digarap dengan baik. Di era digital ini, internet menjadi kebutuhan pokok bagi pelancong di mana pun. Co-branding Telkomsel dengan Wonderful Indonesia menjawab peluang ini dengan menghadirkan Simpati khusus wisman.

Sebagai wujud dukungan Telkomsel pada sektor pariwisata Indonesia bertempat di Telkomsel Smart Office Jakarta, diluncurkan kartu perdana khusus Simpati Tourist Wonderful Indonesia. Kartu perdana ini memiliki desain khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara.

Dalam sambutannya Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, mengatakan langkah yang dibangun Telkomsel terus meningkatkan coverage layanan 4G, sudah selaras dengan target Kemenpar mengembangkan 10 Bali Baru. Dengan co-branding ini, Telkomsel tentu saja akan terus melanjutkan penguatan jaringan broadband 4G untuk memastikan kualitas dan ketersediaan akses internet di 10 titik destinasi wisata utama, yang terdiri dari Danau Toba – Sumatera Utara, Morotai – Maluku, Wakatobi – Sulawesi Tenggara , Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, Mandalika – Nusa Tenggara Barat, Bromo – Jawa Timur, Candi Borobudur – Jawa Tengah, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung – Banten , dan Tanjung Kelayang – Belitung.

“Rata-rata spending wisman di Indonesia itu US$ 1100 dolar, minimal 10% dari itu mereka keluarkan untuk ARPU (Average revenue per user) atau sekitar Rp 250 ribu. Jadi harga Rp 100 ribu yang ditawarkan Telkomsel melalui starter pack khusus edisi Wonderful Indonesia ini baru pembelian awal, para wisman bisa meningkatkan pembeliannya seiring lamanya mereka di Indonesia,” jelas Arief.

Menurut Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel, pihaknya menargetkan untuk awal peluncuran ini 500 ribu starter pack terjual, sedangkan hingga 2019 setidaknya 2 juta Simpati Wonderful Indonesia bisa terjual ke wisman yang datang ke Indonesia. “Bahkan baru dikenalkan semalam, salah satu agen perjalanan di China berhasil menjual 20 ribu starter pack Simpati ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Ririek mengatakan pihaknya bersama Kemenpar akan menggandeng agen-agen perjalanan luar yang biasa membawa wisman ke Indonesia untuk meningkatkan penggunaan kartu Simpati Tourist Wonderful Indonesia ini. Beberapa pemain besar agen perjalanan wisata sudah dijajaki. “Namun lebih dari itu, Telkomsel terus berupaya memastikan semua destinasi wisata sudah ter-cover 4G. Labuan Bajo misalnya, kami terus perkuat, begitu juga dengan Papua,” jelasnya. Bukan hanya di titik-titik destinasi wisata, pihaknya juga terus memperkuat daerah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga yang bisa menjadi potensi pasar kartu Simpati khusus ini.

Simpati Tourist Wonderful Indonesia memiliki 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia . Kartu perdana ini bisa didapatkan pada mitra pariwisata nasional yang berhubungan dengan wisatawan mancanegara, dengan harga Rp 100 ribu yang berisi 10 Gb kuota internet, 300 menit layanan suara serta 300 SMS yang dapat digunakan antar operator internasional maupun domestik dengan masa berlaku selama 14 hari. Dengan menggunakan Simpati edisi spesial ini, wisman juga dapat melakukan pembelian ulang paket yang tersedia dengan harga Rp 50-100 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel maupun menu akses *363#.

“Di samping terus konsisten membangun jaringan hingga ke daerah pelosok, kami juga meningkatkan kualitas jaringan di destinasi wisata utama di Tanah Air untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan wisatawan yang aktif menggunakan layanan komunikasi dan akses internet selama berada di lokasi wisata. Dengan begitu, kami harap layanan Telkomsel dapat turut mendukung percepatan agenda kepariwisataan Indonesia dalam memberikan best tourist experience di Indonesia bagi wisatawan mancanegara,” imbuh Sukardi Silalahi,Direktur Sales Telkomsel.

Sebagai official partner Wonderful Indonesia, Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman ‘digital tourism’ di Indonesia dengan menyediakan metode pembayaran digital TCash di berbagai titik wisata. Telkomsel pun turut serta membantu meningkatkan awareness masyarakat tentang destinasi wisata Indonesia melalui media promosi yang ditempatkan di berbagai saluran touch point Telkomsel dengan pelanggan, seperti di GraPARI di dalam negeri maupun luar negeri, situs resmi Telkomsel, dan aplikasi digital MyTelkomsel.

Selain itu, bagi institusi yang tergabung di dalam asosiasi di bawah Tim Pelaksana Visit Wonderful Indonesia seperti operator tur, agen travel, hotel, perusahaan transportasi, dan taman hiburan, Telkomsel juga menyediakan program bundling travel package dengan Simpati Tourist serta solusi bisnis digital berupa Location Based Advertising (LBA) dari Telkomsel MyAds dan Hi!Rest Solution. Layanan MyAds akan membantu pemasangan iklan yang tepat sasaran untuk mendukung pemasaran bisnis institusi terkait, sedangkan Hi!Rest Solution menghadirkan aplikasi penunjang ekosistem digital kepariwisataan untuk hotel melalui penyediaan layanan in-room service bagi pelanggan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved