Indonesia Inc. Kuliner Indonesia

Italia terkenal dengan piza, spageti, dan espresso-nya. Jepang dikenal dengan sushi, ramen, dan moci-nya. Thailand kondang dengan tom yam-nya. Negara-negara tersebut membangun nation brand dengan memanfaatkan kepopuleran makanan mereka.

Bisakah Indonesia melakukannya? Why not! Indonesia punya segudang makanan hebat dari Sabang sampai Merauke. Rendang Sumatera Barat, gudeg Yogya, ayam taliwang Lombok, konro Makassar, bubur Menado, hingga papeda Papua. Wow... pokoknya, enak semua.

Namun, sayangnya, belum ada sebuah upaya untuk mempromosikan berbagai makanan itu secara sistematis ke pasar global. Dalam hal promosi kuliner, kita harus meniru Thailand. Makanan-makanan dari Negara Gajah Putih ini mendunia karena direncanakan dan dipromosikan habis-habisan. Karena itu, kita juga harus mulai serius melakukannya.

Embrionya sudah terbentuk beberapa minggu lalu saat sejumlah pemilik restoran Indonesia di luar negeri berkumpul di Bali. Mereka menggagas ide untuk menggerakkan resto-resto masakan Indonesia yang berada di luar negeri untuk memopulerkan rendang, soto, nasi goreng, sate, hingga gado-gado.

Idenya brilian, yaitu untuk memanfaatkan resto-resto tersebut sebagai etalase Indonesia. Melalui etalase itu, kita akan melakukan kampanye branding dan aktivasi pemasaran secara berkelanjutan. Puncaknya, kita akan menggelar Indonesia Gastronomi Month; ratusan resto kita di luar negeri akan kita galang untuk bersama-sama mempromosikan masakan Indonesia ke audiens global selama sebulan penuh.

Semua pihak akan kita libatkan untuk mendukung gerakan ini, mulai dari pemilik resto,  Kedutaan Besar Republik Indonesia, diaspora Indonesia, co-branding partners, hingga perusahaan-perusahaan kita yang beroperasi di luar negeri.

Dengan semangat Merah Putih, kita bertekad mewujudkan Indonesia Inc. untuk menduniakan kuliner Indonesia.

Priyantono Rudito

Ketua I Tim Co-Branding Wonderful Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)