Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Indonesia Raih Penghargaan Wisata Selam Terbaik di Dunia

pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri), saat menerima penghargaan dari Dive Magazine di Inggris

Pariwisata Indonesia kembali menorehkan prestasi kelas dunia. Kali ini Indonesia memperoleh apresiasi membanggakan itu dari Dive Magazine dari Inggris. Pada pemungutan suara yang digelar 1-31 Oktober lalu, ada tiga jenis kategori yang disodorkan ke khalayak untuk dipilih secara online, yakni: Best Dive Destination (Destinasi Selam Terbaik), Best Dive Center of Resort (Resor Selam Terbaik), serta Best Liveaboard (Kapal Tinggal Terbaik).

Dari tiga kategori tersebut, Indonesia berhasil meraih posisi nomor satu di dua kategori, Destinasi Selam Terbaik dan Resor Selam Terbaik. Dari hasil jajak pendapat tersebut, Indonesia merajai posisi 10 besar destinasi selam terbaik mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azores, Meksiko, Maladewa, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji, dan Papua Nugini.

Di kategori Destinasi Selam Terbaik ini, Indonesia mengantongi 1.067 suara atau 11,45% dari total 9.399 suara yang masuk. Adapun Filipina yang berada di peringkat kedua hanya meraih 749 suara atau 7,97%. Azores, kepulauan di Samudra Atlantik, menggaet 576 suara (6,13%). “Ini merupakan kali kedua Indonesia memenangi juara di kategori Best Dive Destination,” tulis Dive Magazine.

Pada kategori Resor Selam Terbaik 2017, Siladen Resort & Spa di Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, terpilih menjadi juara. Resor yang berada di kawasan Taman Nasional Bunaken itu meraih 820 suara atau 26,31% dari total 3.117 suara. Peringkat kedua diduduki Helengeli Island Resort di Maladewa, tetapi raihannya hanya 469 suara.

Tak hanya mampu merebut juara pertama dalam kategori Resor Selam Terbaik, berdasarkan survei online itu, tujuh dari 10 resor selam terbaik versi Dive Magazine ada di Indonesia. Wakatobi, misalnya, di urutan ketiga, disusul destinasi wisata selam lokal lainnya yang masuk jajaran Top 10, yaitu Lembeh Resort, Misool, Papua Paradise, Atlantis Diving Centre, dan Blue Corner Dive.

Pada kategori Best Liveaboard pun Indonesia berhasil menduduki posisi membanggakan meski bukan di posisi nomor satu. Dalam kategori ini, Pelagian dari Sulawesi menduduki peringkat kedua.

Buat yang belum mengenal, Dive Magazine adalah majalah diving terkemuka di dunia yang berkantor pusat di Inggris yang berkiprah sejak 1995 dan telah melebarkan sayap. Hingga saat ini, Dive Magazine menjadi referensi penting para pelancong dari seluruh dunia, khususnya para penggemar selam.

Atas keberhasilan wisata selam Indonesia ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan terima kasih kepada seluruh warganet atas partisipasinya. Ia juga tidak lupa mengapresiasi peran anak-anak muda yang tergabung dalam GenPI (Generasi Pesona Indonesia) dan GenWI (Generasi Wonderful Indonesia) yang aktif dalam memberikan suara. Bagi Arief, prestasi menjadi jawara kelas dunia di bidang wisata underwater ini memperkuat reputasi Indonesia di level global, menaikkan tingkat kepercayaan diri dan kepercayaan publik dunia.

Selain berhasil memborong penghargaan Dive Magazine, Indonesia juga kembali berpartisipasi di bursa pariwisata internasional WTM London 2017 yang diadakan di ExCel London, Inggris. Wonderful Indonesia kali ini membawa kontingen yang terdiri dari 48 pengusaha bidang pariwisata sebagai seller dan tujuh perwakilan pemerintah daerah/Dinas Pariwisata sebagai exhibitor di Paviliun Indonesia. Tema yang diusung Indonesia di ajang ini adalah “Kekuatan Bahari Indonesia sebagai Negara Maritim dengan Keragaman Budayanya”. Tema tersebut ditransformasikan dalam bentuk kapal Phinisi dan rumah Sumba sebagai focal point yang merepresentasikan Indonesia sebagai negara maritim sekaligus kepulauan terbesar di dunia. (*)

 

Ananda Widhia Putri

Add comment

Archives