Kemenpar Berikan Penghargaan Wonderful Indonesia Kepada 15 Brands

Kementerian Pariwisata RI memberikan penghargaan kepada 15 brand yang telah melakukan co-branding Wonderful Indonesia. Direktur Eksekutif Co-branding Wonderful Indonesia, Priyantono Rudito menyampaikan apresiasi kepada mitra co-branding,  khususnya yang telah menunjukkan komitmennya dalam menjalankan kegiatan BAS (Branding Advertising & Selling) secara sinergis, sehingga memperkuat merek Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI).

Menurutnya, co-creation yang signifikan adalah terciptanya sinergi dengan restauran diaspora di luar negeri untuk mengembangkan channel marketing  pariwisata Indonesia di luar negeri (WI channels). “Saya juga mengapresiasi atas terciptanya kreasi-kreasi bersama (Co-creation), baik antara WI dengan brand mitra WI, maupun antara para brand mitra itu sendiri, yang telah mendukung kemajuan pariwisata Indonesia,” ujarnya ketika di wawancara SWA Online.

Priyantono menjelaskan, brand-brand tersebut telah memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan luar negeri dan Nusantara melalui produk dan layanan yang khusus dikembangkan untuk kemudahan para wisatawan. Contohnya seperti kartu kredit dengan benefit yang nyata bagi wisatawan. Selain itu, adanya kartu GSM prabayar khusus bagi wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata, transportasi untuk berwisata, ambassador pariwisata, kuliner, media informasi digital tentang destinasi-destinasi utama maupun destinasi baru yang menarik untuk dieksplorasi serta oleh-oleh.

Tak hanya itu, para mitra ini juga memunculkan atraksi-atraksi baru yang menarik para wisatawan untuk  ke destinasi wisata seperti atraksi yang mendukung nomadic tourism, pertunjukan seni, budaya dan lainnya. “Dengan Co-branding ini juga ada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa yang sekaligus melalui pengembangan atraksi dan amenitas di destinasi-destinasi baru yang belum banyak diketahui wisatawan,” jelasnya.

Harapannya, program co- branding WI dapat berlanjut dan meningkat lagi intensitas dan efektivitasnya dalam mendukung strategi marketing pariwisata Indonesia. Tujuannya untuk mencapai target-targetnya sebagai core economy Indonesia yang memiliki potensi menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia.

Sinergi dan program co-creation juga diharapkan semakin meningkat lagi seiring dengan peningkatan co-branding index dengan skema BAS te sehingga bisa memiliki fokus lebih besar kepada penjualan  untuk mencapai target wisman dan wisnus.  "Ke depan, kami berharap akan lebih banyak lagi unsur-unsur Pentahelix (ABGCM) yang terlibat aktif serta  meningkatkan program yang secara nyata memberikan kesempatan bekerja dan berusaha demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat luas," tuturnya.

Berikut 15 peraih penghargaan Wonderful Indonesia Co-Branding Champions 2018 :
First Winner                                                                            : Bank Rakyat Indonesia
Second Winner                                                                        : Grab Indonesia
Second Winner                                                                        : Hydro Coco
The Best Word Endorser                                                       : Go Fress
The Most Creative Product For in Bound Tourist            : Telkomsel
The Best Campaign for Destination Marketing                : Aqua Danone
The Best Product for Promoting Local Heritage              : Nutrifood W'Dan
The Best Promotion for China Market                               : Papatonk
The Best Local Souvenir Store                                             : Krisna Oleh-Oleh
The Most Attractive Hot Deals Package                            : Traveloka
The Best Education Program for Young Travellers         : Mixagrip
The Best City Endorser for City Branding                         : Savana Cake
The Most Creative Digital Activation for City Branding : Malang Strudel
The Best Service Ambassador Program                             : Blue Bird
The Best Celebrity Endorser for Millenials                       : Really Cake

Editor : Eva Martha Rahayu
www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)