Kemenpar Gandeng 132 Mitra Co-branding Hadapi Persaingan Pariwisata Global

This image has an empty alt attribute; its file name is PhotoPictureResizer_190321_151649068-800x528.jpg

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng 132 mitra co-branding dalam mencapai target pengunjung 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 sekaligus sebagai upaya dalam menghadapi persaingan industri pariwisata global.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menyampaikan,   hal  ini merupakan perwujudan dari penerapan prinsip “Industry Lead, Government Support” di mana pemerintah berperan dalam mendukung dan memfasilitasi bisnis di sektor pariwisata Indonesia. Ia menekankan pentingnya meningkatkan jumlah perjanjian bisnis di bidang pariwisata baik di dalam maupun di luar negeri.

"Saat ini umumnya hanya ada perjanjian bilateral, saya harap ke depan akan semakin banyak perjanjian multilateral untuk memperkuat jaringan sesama pelaku bisnis, sehingga akan makin mudah untuk kita memenangkan persaingan," ujar Menpar dalam rapat Koordinasi Mitra Co-Branding 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Ia juga sudah menyiapkan jurus agar sektor pariwisata Indonesia siap bersaing dalam ranah global, yaitu dengan prinsip Indonesia Incorporated yang tercermin dalam konsep pentahelix Academics, Business, Government, Community, dan Media (ABGCM). Mengacu pada konsep tersebut, para pelaku bisnis merupakan salah satu kelompok penting yang dapat berperan aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia.

“Program co-branding harus dieksekusi di level operasional, dengan pemerintah sebagai agen yang memfasilitasi,” tegasnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani Mustafa,mengatakan, di tahun 2019 adalah tahun pertarungan mencapai 20 juta wisman. Oleh karena itu, ia berharap bisa membangun powerful partnership dengan para mitra.

Adapun dalam acara tersebut dilakukan juga penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pariwisata yang disaksikan oleh Menpar Arief Yahya serta diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Ibu Rizki Handayani Mustafa dengan Esensi Indonesia, Dusun Bambu, Johnson & Johnson, Blue Bird, Rumah Zakat, White Horse, Whitesky Aviation, dan Perbarindo.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)