Kiat Pesonna Hotel Gencarkan Wisata Halal selama Ramadhan

Renny Soviahani, Direktur Pesonna Hotel

Bulan Ramadhan menjadi momentum yang tepat bagi Kementerian Pariwisata untuk gencar mengampanyekan program wisata halal. Dalam penerapannya, Kementerian Pariwisata menggandeng beberapa perusahaan yang bergerak di bidang leisure economy, salah satunya Pesonna Hotel.

PT Pesonna Indonesia Jaya, pengelola Pesonna Hotel, sejak awal beroperasi telah menjadi mitra Kementerian Pariwisata serta mendapatkan co-branding Pesona Wonderful Indonesia. Perusahaan tersebut juga memiliki total 9 hotel di Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Tegal, Surabaya, Gresik, Pekanbaru, hingga Makassar.

Pesonna Hotel memperkenalkan diri sebagai hotel halal. Adapun yang dimaksud dengan hotel halal adalah elemen-elemen hotel yang mengacu pada standarisasi halal. Misalnya, 50% makanan dari hotel-hotel milik Pesonna Hotel telah mendapatkan sertifikat halal. “Salah satu support yang kami kontribusikan kepada Kementerian Pariwisata adalah positioning hotel kami dengan tagline lifestyle and halal concept,” ujar Renny Soviahani, Direktur Pesonna Hotel kepada SWA melalui telepon.

Menyambut Ramadhan 2018, Renny mengaku timnya telah menyiapkan berbagai program yang identik dengan aktivitas beribadah, di antaranya program buka puasa, menginap dengan sahur, hingga buka bersama. Tidak sekadar berbuka puasa, pengunjung hotel juga dapat mendengarkan tausiah sebelum adzan magrib berkumandang.

Renny mengatakan, sebenarnya bisnis hotel pada setiap bulan Ramadhan cenderung menurun, terutama kegiatan rutin dari korporat dan pemeritahan atau kegiatan travelling. Meski begitu, ia merasa Pesonna Hotel justru memiliki peluang lain.

“Peluang kami adalah memfasilitasi budaya orang Indonesia, yaitu silaturahmi untuk buka puasa, tausiah, serta tarawih selama bulan Ramadhan. Mereka yang sudah mengenal kami, tidak ragu untuk memilih kami untuk mendukung ibadah. Dari sini kami menggantikan revenue kami yang biasanya kami terima di bulan biasa,” ungkapnya.

Pada Ramadhan ini, Pesonna Hotel menyasar warga dalam kota melalui program-program yang disiapkan. Hotel melihat ada potensi pada segmen menengah atas, di mana banyak pelanggan yang pembantu rumah tangganya sedang pulang. Dengan menginap di hotel, mereka tidak lagi perlu memikirkan cucian dan makanan.

Untuk mendukung pengalaman pelanggan, Pesonna Hotel memiliki web serta aplikasi yang baru diluncurkan tanggal 1 April 2018. Dengan aplikasi tersebut, pelanggan bisa mendapatkan harga promo. Selain itu, teradapat fitur navigasi yang terkoneksi dengan Google Apps. Jadi, bila pelanggan bepergian dan lupa jalan kembali ke hotel, mereka bisa terbantu oleh aplikasi tersebut. Pelanggan juga bisa mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat wisata terdekat dari hotel. “Kami harapkan dengan adanya web dan aplikasi, pertumbuhan kami meningkat dan program-program kami lebih komprehensif dan dikenal baik oleh masyarakat,” tutur Renny.

Pesonna Hotel mulai beroperasi pada Januari 2018. Tahun lalu, sudah memulai program wisata halal dan responsnya cukup baik. Tahun ini dimatangkan kembali program tersebut. Menurut Renny, biasanya revenue bisnis hotel pada triwulan I masih rendah. Namun, revenue Pesonna telah bertumbuh 126% dari tahun lalu. “Kami harap revenue pada triwulan berikutnya akan terus bertumbuh lebih baik dari triwulan I,” ujarnya menutup penjelasan.

Editor : Eva Maratha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)