Kirab Obor Asian Games di DKI Jakarta Disambut Berbagai Kesenian

Kirab obor Asian Games 2018 akan berakhir di Ibu Kota Jakarta. Di Jakarta, obor Asian Games akan diarak mengelilingi 5 Kota dan 1 Kabupaten Administratif di Provinsi DKI Jakarta. Kota Jakarta Timur kebagian untuk menjadi yang pertama disinggahi oleh Kirab Obor pada tanggal 15 Agustus dan berakhir di Stadion Gelora Bung Karno pada Sabtu, 18 Agustus 2018.

Kirab di Jakarta dimulai dari Lippo Mall Kramat Jati diarak menuju ke Taman Mini Indonesia Indah, hingga menyusuri Jl. TB Simatupang di Jakarta Selatan. Walikota Jakarta Timur M Anwar telah menerima obor dan kemudian diserahkan kepada Priyaka Ivan Astama, mantan atlet disabilitas tuna rungu obor Taekwondo, sebagai pembawa obor dari posisi awal di Lippo Plaza Kramat Jati menuju Aula Dharma Ganti Ksatria Jaya.

Selanjutnya obor di bawa secara bergantian dengan melewati beberapa etape, di masing-masing etape obor di bawa secara bergantian oleh pelari selanjutnya hingga ke pemberhentian terakhir di Taman Mini Indonesia Indah.Di sepanjang jalan, ribuan pelajar dari TK hingga SMA juga terlihat berbaris dipinggir jalan dengan membawa atribut mulai dari membawa bendera negara peserta Asian Games 2018 hingga bersorak-sorak menyerukan semangat kepada pembawa obor yang melintas. Selain itu masyarakat umum juga terlihat antusias menyemarakkan kirab obor ini.

Tak hanya itu, berbagai pertunjukkan kesenian juga ikut memeriahkannya, antara lain marching band, perkusi, music gamelan, hingga Reog Ponorogo. “Kami mengerahkan sekitar 15 ribu orang untuk meriahkan kirab obor di Jakarta Timur,” ujarnya.

Anwar berharap Api Obor Asian Games ini bisa memberikan motivasi kepada para atlet yang bertanding dalam Asian Games 2018. “Warga sangat antusias sekali menyambut Asian Games 2018, saya harap ini menjadi pendorong semangat bagi para atlet yang akan bertanding,” jelasnya.

Setelah obor Asian Games ini tiba di TMII, obor tersebut akan dibawa mengelilingi Jakarta Selatan dan berakhir di Balaikota DKI Jakarta. Sekitar 200 penari yang berasal dari para pelajar pun menyambut Api Obor yang akan di serahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hari ini (16/8/2018) obor akan kembali mengelilingi Jakarta Pusat, mulai dari Masjid Akbar Kemayoran hingga ke Monas, Jakarta Barat dari Kawasan Wisata Kota Tua dan RPTRA Kalijodo, hingga ke Jakarta Utara. Sementara di tanggal 17 Agustus, obor akan kembali berkelana menuju Pulau Untung Jawa, kemudian menuju ke Monas dan Istana Negara.

Besoknya di tanggal 18 Agustus 2018, akan ada acara Jalan Bersama Obor Asian Games mulai dari Monas hingga ke Pintu 10 Gelora Bung Karno. Torch Relay di tanggal 18 Agustus ditandai dengan pencapaian total jarak 18km di bulan 8 oleh 2018 pelari dan akan menjadi rute terpanjang, Torch Bearer terbanyak sekitar 50 orang lebih dengan rute dari jalan Thamrin - Sudirman hingga singgah ke gedung DPR/MPR. Total dari 110 titik rute dan kurang lebih 1,100 km perjalanan dari Jakarta Timur, Selatan, Pusat, Barat, Utara dan Kepulauan Seribu.

Gumilar Ekalaya, Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta mengatakan pihaknya telah menyediakan berbagai seni dan kebudayaan DKI Jakarta untuk menyambut Asian Games 2018. Ia menjelaskan dalam kirab obor Asian Games ini, Dinas Pariwisata menampilkan tarian asal Betawi hingga Gambang Kroomong untuk memeriahkan ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara ini.

Tak hanya saat kirab obor saja, nantinya akan ada pertunjukan kesenian budaya seperti Tanjidor, tari-tarian dan Gambang Kromong di wisma atlet Kemayoran. “Di sana kami membuat pertunjukan selama 3 hari untuk menyambut para atlit, selain itu, setiap tower kami juga menaruh ondel-ondel, tujuannya untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada para atlet,” ujarnya ketika dihubungi SWA Online.

Bekerja sama dengan Transjakarta, pihaknya juga menyediakan wisata gratis untuk para atlet.. “Kami menyiapkan Transjakarta gratis yang bisa membawa para atlet untuk berkeliling di destinasi-destinasi wisata di Jakarta seperti mall-mall, Kota Tua, Monas dan lainnya,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)