Maybank Promosikan Pariwisata Kota Dewata Melalui Bali Marathon

Beberapa tahun belakangan ini lari menjadi gaya hidup yang digemari masyarakat urban. Hal ini seiring dengan mulai banyaknya event olahraga marathon yang digelar berbagai kota. Berangkat dari niatan  untuk mendukung gaya hidup sehat, PT Bank Maybank Indonesia, memberanikan diri menyelenggarakan kembali lomba full marathon berstandar internasional pada 2012.

Menurut Eri Budiono, Project Director Maybank Bali Marathon (MBM), hal ini dilakukan terutama setelah ajang marathon absen dari kalender event olah raga tanah air dalam 22 tahun terakhir. Dalam penyelenggaran lomba Maybank Indonesia adalah bank penyelenggara lomba, yang mendesain sendiri lomba lari marathon dari A to Z, bukan sebagai pihak sponsor, yang event-nya sudah dirancang pihak lain. "Kami memilih dan menetapkan Bali sebagai lokasi terbaik untuk MBM," ungkapnya.

Pertimbangannya karena Bali merupakan daerah wisata dengan pemandangan indah. Tak hanya itu, Bali juga merupakan daerah wisata dengan jumlah pengunjung wisata sebanyak 2,75 juta per tahun. Selain itu, Bali juga memiliki infrastruktur pendukung yang dibutuhkan, termasuk hotel bandara, tujuan wisata populer dan beberapa hal lain. “Tahun ini Maybank Bali Marathon (MBM) memasuki tahun ke-7 penyelenggaraan sejak pertama kali dilaksanakan pada 2012,” ujarnya.

Dengan kekuatan-kekuatan Bali tersebut, melalui MBM, pihaknya mencoba menghadirkan event marathon yang berbeda, sehingga akan menjadi ajang atletik dengan sentuhan budaya Bali, dengan pertunjukan kesenian atraktif dari masyarakat Bali. Disamping itu, menurutnya, event marathon ini juga menjadi salah satu bagian dari promo turisme Indonesia melalui olahraga. Tahun ini, melalui promosi yang dilakukan Maybank Indonesia melalui kemitraan dengan beberapa media massa dan promosi melalui media digital, diproyeksikan akan ada 9.000 peserta lari.

Eri meyakini, melalui MBM ini ada multiplier effect bagi peningkatan wisatawan karena pada umumnya para peserta membawa keluarga atau kerabat dan teman, yang juga akan sekaligus berwisata di Bali. Oleh karena itu, Maybank juga mengadakan kegiatan pre dan post event, pihaknya fokus pada engagement dengan banyak komunitas lari dari klub lari hingga kemitraan restoran, travel dan hotel yang berlokasi di Bali.

Sehingga MBM dapat mempromosikan mitra restoran, travel & hotel melalui media komunikasi yang dimiliki. Selain itu MBM mempromosikan budaya Bali yang menjadi bagian pertunjukan di sepanjang rute lari dan mempublikasikan konten MBM weekend guide sebagai panduan tempat yang harus dikunjungi saat pelari berada di Bali. “Dengan proyeksi peserta sekitar 9.000 orang dan asumsi membawa rata-rata 3-5 orang dari keluarga atau teman, maka bisa diestimasi berapa jumlah wisatawan yang datang ke Bali melalui event MBM,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)