Ribuan Wisman Akan Ikuti Ironman 70.3 di Bintan

Pemerintah Kabupaten Bintan bekerja sama dengan MetaSport dan Bintan Resort, akan kembali menggelar ajang olahraga “Manusia Super” Ironman 70.3 di Bintan, Kepulauan Riau pada tanggal 18-19 Agustus 2018 mendatang.

Tahun 2018, penyelenggara menargetkan 1.300-1.500 altet dari 52 negara. Rata-rata peserta berasal dari Singapura (59 persen), Australia (11 persen), Hong Kong (4 persen), Malaysia (2 persen), Amerika Serikat (2 persen), Jepang (2 persen), Indonesia (10 persen), dan lain-lain 10 persen.

“Saat ini sudah ada 1.160 wisman yang mendaftar dan nanti juga ditambah ada 300 peserta Ironkids funrun yang tiketnya sudah habis terjual,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Lucky Zaiman Prawira, dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.

Seperti penyelenggaraan tahun lalu, kompetisi Ironman tahun ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi, kawasan Bintan Resort. Di kawasan ini para peserta akan memulai dengan berenang sejauh 1,9 kilometer, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90 kilometer dan diakhiri dengan lomba lari dalam 3 lap sejauh 21 kilometer. Hadiah yang akan diperebutkan di Ironman 70.3 ini sebesar US$ 15 ribu atau sebesar lebih dari Rp200 juta.

Lucky mengatakan, penyelenggaraan event internasional ini memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Pasalnya Bintan memiliki daya Tarik alam yang akan memanjakan wisatawan dengan keindahan alam seperti pantai berpasir putih, taman laut dan hutan tropis yang telah dilengkapi fasilitas infrastruktur kelas dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, acara ini sudah menjadi bagian dalam Top 100 dan Top 10 Calender of Event Kementerian Pariwisata. Adapaun menurutnya, ajang Ironman 70.3 ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancaranegara (wisman) ke Indonesia. Tahun ini Kemenpar menargetkan kedatangan 17 juta wisman, dengan sekitar tiga juta wisman diantaranya diproyeksikan akan masuk melalui Batam atau Pulau Bintan.

Selain itu, event sport tourism internasional ini akan memiliki dua dampaknya, langsung dan tidak langsung. Dampak langsung kedatangan wisman sebagai peserta dan para supporter akan membelanjakan dollarnya di Bintan. Sedangkan dampak tidak langsungt berupa pemberitaan yang luas ke mancanegara atau sebagai media value. Menurutnya, dengan gencarnya pemberitaan semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia

“Event sport tourism value tertinggi dari broadcasting sebesar 60%, lalu 30% adalah advertising, jersey, marchendise, aksesori, souvenir. Dan 10% ticketing. Maka sport event ini tidak bisa berdiri sendiri sehingga memerlukan pihak sponsor,” jelasnya.

Salah satu sponsor Ironman 70.3 PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Axton Salim, Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., mengatakan, pihaknya selalu mendukung kegiatan olahraga untuk meningkatkan kesehatan. “Ini sudah tahun ketiga kami mendukung Ironman 70.3 dan sebelumnya kami juga telah mendukung dari berbagai cabang olahraga lainnya seperti sepak bola, bulu tangkis di Indonesia seperti sepak bola, bulu tangkis, dan lain-lain,” jelasnya.

Di sisi lain, Lucky mengungkapkan, pertumbuhan pariwisata Greet Batam/Bintan sleama periode Januari-Mei 2018 sebesar 11,01%. Tentunya hal ini berdampak luas, terutama terhadap pertumbuhan ekonomi di Bintan. "Saat ini kontribusi terbesar terhadap PAD terbanyak dari sektor pariwisata yaitu sekitar 60% dari total Pendapatan Asli Daerah,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)