Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Strategi Indra Bekti Pasarkan Cirebon Sultana

sumber : Instagram Sultana Cirebon

Cukup lama berkecimpung di industri hiburan Tanah Air, aktor dan pembawa acara Indra Bekti kini melebarkan sayap ke bisnis oleh-oleh dengan brand Cirebon Sultana. Oleh-oleh kue kekinian diresmikan oleh Indra mulai 28 Maret 2017.

Kota Cirebon yang menjadi pusat oleh-oleh dipilihnya lantaran ia melihat potensi bisnisnya sangat besar. Selain itu, Cirebon menjadi pilihan destinasi selain Bandung karena dekat dengan Jakarta, aksesnya mudah dengan adanya tol Cipali serta memiliki banyak tempat wisata religius, keraton dan lainnya.

“Kota Cirebon akan berkembang pesat dan maju karena di Majalengka nantinya ada bandara. Outlet kami juga dekat dengan statiun kereta,” ujarnya saat di wawancara SWA Online.

Bisnis kue yang baru dirintisnya ini mendapat respons positif dari masyarakat. Walaupun di kota Cirebon tidak hanya ada kue kekinian miliknya melainkan ada beberapa artis juga yang membuka usaha yang sama di sana. Namun ia mengaku tidak ambil pusing mengenai persaingan kue kekinian di Cirebon karena menurutnya setiap kue artis punya karakter masing-masing sehingga penikmat bisa memilih.

Kunci yang terpenting baginya yakni harus pintar-pintar dalam hal memasarkannya. Suami dari Aldilla Jelita itu juga aktif menjadi pemasar dengan berbagai strategi, misalnya dalam kurun waktu satu bulan sekali, dirinyalah yang menjual langsung kue tersebut ke konsumen di tokonya. “Kami membuat gimmick-gimmick pemasarannya. Selain itu kami juga lakukam penjualan online jadi lebih memudahkan orang membeli dan bisa dikirim ke seluruh Indonesia,” jelasnya,

Dari segi produk, Indra juga membuat kuenya berbeda dengan artis-artis lainnya. Cirebon Sultana berupa lapisan bolu padat yang berlapis topping dan dibalut croissant. Ada lima varian rasa yakni double choco, choco banana, mango, cheese, dan blueberry dengan dibanderol harga Rp 55.000/ kotak.

Dalam berbisnis Indra juga tidak melupakan pentingnya kearifan lokal. Ia berkomitmen mendukung pemerintah dalam mempromosikan wisata Kota Cirebon melalui kuenya dengan mengikuti co-branding partnership, Kementerian Pariwisata. “Kami ingin ikut mendukung pariwisata Indonesia, ini termasuk bagian dari wisata kuliner jadi kami pastinya ingin di co-branding dan bersama-sama memperkenalkan wisata kota Cirebon,” kata Indra di sela-sela acara penandatangan Co-Branding bersama Artis Entrepreneur di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Ia berharap bisa membantu pemerintah untuk mendatangkan wisata ke Cirebon. Sehingga ke depan hal ini juga akan berdampak terhadap bisnis kuenya yaitu pengunjung Cirebon Sultana menjadi meningkat. “Dan kami juga ingin memperkenalkan makanan khas daerah Cirebon, kearifan lokalnya, dan pastinya mendukung pemerintah dalam hal meningkatkan pariwisata nya,” ujarnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Add comment

Archives