Strategi Menpar Dorong Kuliner dan Belanja di Indonesia

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya resmi membuka Celebrity Culture Fest yang merupakan rangkaian Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 di Mall Kota Kasablanka.

Dalam sambutannya, ia mengatakan, banyak wisatawan mancanegara atau domestic yang menyusun agenda perjalanan yang focus kepada wisata kuliner dan wisata belanja. Menurutnya, transaksi kuliner dan belanja dapat ditingkatkan sehingga bisa memberikan kontribusi nyata pada sektor pariwisata Indonesia.

“Kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif, yaitu 42%, yang kedua fesyen 18% dan ketiga kriya 15%, wisatawan mengeluarkan 30%-40% dari total pengeluaran mereka untuk kuliner dan belanja," jelasnya dalam pembukaan Celebrity Culture Festival.

Untuk terus mengembangkan kuliner, Menpar mengungkapkan pihaknya melakukan berbagai strategi diantaranya akan membranding restaurants yang di luar negeri ada di seluruh dunia. Selain itu ia juga sudah menetapkan lima National Food yaitu Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate dan dan Gado-Gado. “Kami juga sedang mendorong untuk adanya destinasi wisata kuliner, saat ini ada tiga yaitu Bali, Joglosemar dan Bandung,” jelasnya. Sementara untuk wisata belanja, kata Arief masih terkendala di tax refund. Ia berharap ke depan aturan ini bisa menjadi lebih simple.

Presiden Direktur Pakuwon Group, A. Stefanus Ridwan S, berharap, Indonesia bisa menjadi tuan rumah bagi produknya sendiri. Menurutnya membranding suatu produk sangat penting sehingga nantinya juga bisa di kenal hingga keluar negeri. “Ini kesempatan bagi kita untuk menjadi tuan rumah untuk produk-produk buatan dalam negeri,” ujarnya.

Untuk diketahui Celebrity Culture Festival 2018 akan berlangsung pada 2-7 Oktober 2018 dengan mengadirkan pameran kain nusantara karya desainer ternama Indonesia, bazar oleh-oleh kekinian para artis hingga parade busana yang digawangi Indra Bekti, Haykal Kamil dan artis lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)