Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Usaha Artis Ternama Bakal Join Co-Branding Wonderful Indonesia

JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lagi-lagi mengeluarkan jurus cerdas dalam mempromosikan brand Wonderful Indonesia (WI) di pasar global dan brand Pesona Indonesia (PI) di pasar domestik. Dengan semangat Indonesia Incorporated, Kemenpar akan menandatangani MoU Co-Branding dengan produk-produk milik artis pada 14 November 2017.

Sederet brand milik artis terkenal yang akan dan sudah melakukan co-branding antara lain Savvana Cake (SC) Fitri Carlina, Wingkorolls Dewi Sandra, Rain Cake Shireen Sungkar, Cinnamon Dhini Aminarti, Scrummy Dude Herlino, Premio Baim Wong, Baklava Irfan Hakim, Patata Ria Ricis dan Sultana Indra Bekti.

Kemudian juga ada brand bisnis online Frame A Trip milik Dian Sastro Wardoyo, produk fashion Damn I love Indonesia milik Daniel Mananta dan Mandjha.ivangunawan punya Ivan Gunawan serta Restoran Filosofi Kopi milik Dewi D Lestari.

“Melalui co-branding partnership, diharapkan kolaborasi dan sinergi brand WI/PI dengan brand/perusahaan milik artis entrepreneur di seluruh Tanah Air akan semakin intensif lagi. Dengan demikian promosi sektor pariwisata juga akan semakin besar,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Plt. Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Hariyanto, Sabtu (29/10).

Esthy mengungkapkan, penandatanganan MoU co-branding dengan 13 artis entrepreneur ini akan dilakukan awal bulan November dengan mengundang media-media nasional baik itu cetak, elektronik dan online.

“Kita akan mengundang media massa agar meliput penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pariwisata dengan 13 Artis Entrepreneur dengan harapan berita akan disiarkan seluas-luasnya, termasuk media-media infotainment,” kata Esthy.

Apa saja produk yang akan ikut branding Kemenpar? Di antaranya adalah Banana Savvana Cake (BSC) mengeluarkan lima varian rasa kue yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi. Dari mulai  Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng, semua ikut dibranding.

Dan warna kue tersebut juga menyesuaikan warna dari destinasi wisata. Yang penasaran, silakan kecToko kue milik Fitri Carlina di Jalan S Parman No 26.

Deretan berikutnya Semarang Wingkorolls. Ini adalah pertama kali dan satu-satunya ada wingko di dalam gulungan lapis legit. Semarang Wingkorolls milik Dewi Sandra ini mempunyai lima pilihan rasa yakni Peanut Nougat, Cheese, Hazelnut Crispy, Greentea Cornflakes dan Choco. Gerainya terletak di Jalan Kawi No 3 Candisari Semarang Jawa Tengah, dibuka buka sejak 22 Juli 2017.

Bogor Rain Cake, toko kue milik Shireen Sungkar ini dibuka pada awal April 2017. Bogor Rain Cake memiliki empat varian rasa seperti vanilla cheese cake, greentea ovaltine cake, red taro cake, dan crispy chocoolate cake. Gerainya terletak di Jl Padjajaran No 31, Bogor.

Outlet Cirebon Cinnamon milik Dhini Aminarti dan Dimas Seto yang beralamat di Jalan DR. Cipto Mangunkusumo, No 79, Kota Cirebon dibuka pada 26 Agustus 2017. Cirebon Cinnamon menawarkan lima pilihan rasa yang memiliki ciri khas masing-masing. Diantaranya adalah extra cheese, apel cinnamon.

Jogja Scrummy, oleh-oleh kekinian khas Jogja milik Dude Herlino, merupakan kue berlapis dengan komposisi brownis kukus di bagian bawah dan puff pastry dengan filiing berbagai rasa untuk lapisan atasnya. Jogja Scrummy menghadirkan enam varian rasa diantaranya adalah Jogja Scrummy Mangga, Talas, Srikaya, Coklat, Keju, dan Karamel.

Balikpapan Premio yang terletak di Jalan MT. Haryono no 9A merupakan outlet oleh-oleh milik Baim Wong. Outlet resmi dibuka pada September 2017. Premio menawarkan empat varian rasa seperti Passion Fruit, Extracheese, Greentea Choco Cheese dan Banana.

Gerai Makassar Baklave milik Irfan Hakim, resmi dibuka pada Senin, 9 Januari 2017. Lokasinya ada di Jalan Sultan Hasanuddin no. 31, Kota Makassar. Hidangan pencuci mulut ini terbuat dari tumpukan filo super tipis dan renyah, diperkaya dengan isian yang biasanya berupa aneka kacang dan kismis, yang telah direndam di dalam campuran simple syrup dan kayumanis. MAKASSAR BAKLAVE hadir dalam 5 varian rasa. Banana Fluffy, Nutty Fruity, Royal Chocolate, Rich Cheese, dan Oreo Blast.

Surabaya Patata ini mempunyai 5 macam varian rasa Black Patata, Cheese Patata, Green Tea Patata, Nutella Patata, dan Banana Peanut Patata. Surabaya Patata milik Ria Ricis yang mulai membuka gerainya pada bulan Mei 2017 di Jalan Dharmahusada Nomor 187 Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng.

Sultana, hidangan milik Indra Bekti terletak di Cirebon dan gerainya mulai dibuka pada 28 Maret 2017. Pastry atau kue yang disajikan di Cirebon Sultana berupa lapisan bolu padat yang berlapis topping dan dibalut croissant. Sultana menawarkan lima varian rasa yakni double choco, choco banana, mango, cheese, dan blueberry.

Dian Sastro bersama dengan empat nama besar di dunia teknologi mendirikan sebuah startup di bidang fotografi bernama Frame A Trip. Frame A Trip ditujukan bagi pelancong yang ingin mengabadikan momen-momen atau menjepret foto liburan di tempat wisata oleh fotografer profesional. Frame A trip dapat menghubungkan fotografer profesional lokal di tempat tujuan wisata, baik di dalam maupun luar negeri. Wisatawan bakal mendapatkan 50 foto dari fotografer yang bisa diunduh, dicetak, atau dibagi ke media sosial. Layanan tersebut dapat diperoleh dengan biaya mulai Rp 3 juta untuk sesi foto selama 2 jam.

PT Dinamika Anak Muda Nasional (Damn! I Love Indonesia) berdiri pada tanggal 28 Oktober 2008. Didirikan oleh Daniel Mananta sebagai bentuk apresiasi terhadap tanah airnya, Indonesia. Daniel memperkenalkan label Damn! I Love Indonesia sebagai bentuk usaha untuk berkontribusi menjadi salah satu bagian dalam konservasi budaya Indonesia. Damn! I Love Indonesia diluncurkan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 2008, dengan tokonya yang pertama berlokasi di FX Lifestyle Center lantai 6. Sejak saat itu perusahaan terus berkembang dan sekarang sudah memiliki 9 toko di Jakarta (Kota Kasablanka, Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Central Park Mall), Surabaya (Grand City Surabaya, Tunjungan Plaza), Makassar (Panakukang Mall), Bali (Beachwalk Shopping Center), dan Tangerang (Bandara Internasional Soekarno Hatta).

Manjha.ivangunawan, adalah sebuah toko Manjha Hijab milik Ivan Gunawan kembali dibuka di Bandung. Toko tersebut beralamat di Jalan Pelajar Pejuang no 60, Bandung, Jawa Baratdan resmi dibuka pada, Sabtu, 6 Mei 2017. Manjha Hijab diperuntukan bagi wanita muslimah yang dikelompokkan ke dalam 3 karakter, yakni kelompok usia 21 ke atas sebagai Missy, 31 ke atas sebagai Woman dan Lady untuk 41 ke atas.

Manjha Hijab mematok harga yang cukup terjangkau, yakni mulai harga Rp 149.000 untuk kerudung dan mulai Rp 699.000 untuk busana.

Kedai Filosofi Kopi yang menjadi inspirasi penulis Dewi D Lestari ini merupakan tempat yang menyediakan aneka kopi, dan minuman non kopi, snack, dan juga toko baju, dompet dan lainnya. Terletak di Jalan Melawai 6 Blok M No 8, Kebayoran Baru, RT.3/RW.1, Melawai, RT.3/RW.1, RT.3/RW.1, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi langkah yang sejumlah artis tadi. Dengan menerapkan standar kualitas yang tinggi, akan lebih mudah bagi satu produk untuk hadir dan bersaing.

“Kalau ingin bersaing di level global, gunakan global standard juga. Kenali dirimu maka kamu akan memenangi peperangan. Dan respons cepat dari endorser akan memberi dampak yang besar dalam meningkatkan brand pariwisata Indonesia,” ucap Menpar Arief Yahya. (*)

Wahyu Gatot Subroto

Archives