Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Wujud Sinergi Artis dengan Kemenpar

Menggandeng artis sebagai mitra bisnis untuk mempromosikan kampanye pariwisata Indonesia melalui co-branding menjadi langkah kreatif dari Kementerian Pariwisata RI. Pertimbangannya usaha kuliner dan fesyen yang dirintis para artis memiliki jangkauan luas dan nama besarnya memberikan branding kampanye ‘Wonderful Indonesia’ lebih efektif.

Menurut PLT Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Hariyanto, alasan Kemenpar mengajak artis adalah mereka mempunyai usaha dan brand yang kuat. Kekuatan media yang mereka miliki mampu juga menjadi nilai tersendiri untuk dapat mempromosikan dan memperkuat branding ‘Wonderful Indonesia. “Bisnis yang mereka miliki diimbangi dengan jiwa entrepreneur yang telah melekat, Kemenpar yakin program co-branding ini akan sangat memaksimalkan ‘Wonderful Indonesia,” ujarnya.

Deretan artis yang ikut dalam program ini, menurut Hariyanto terpanggil karena rasa nasionalisme juga. Kecintaannya terhadap Indonesia menggerakkan mereka untuk ikut mengampanyekan pariwisata Indonesia. “Pada umumnya mereka tidak berpikir berdasarkan tolak ukur ekonomi, mereka merasa senang dan terpanggil. Namun co-branding ini menerapkan simbiosis mutualisme yang sifatnya mutualistik,” ungkapnya. Kemenpar menawarkan sumber daya yang dimiliki seperti POS (Paid Media, Own Media, dan Social Media) yang akan memberi kesempatan brand para artis muncul di media-media Kemenpar.

Sejumlah event strategis yang dimiliki Kemenpar juga menjadi sarana eksposur bisnis artis. ‘Mereka bisa memiliki kesempatan menambah jejaring dalam konteks yang difasilitasi Kemenpar. Secara hukum tetap ada perjanjian mengikat melalui perjanjian kerja sama, namun semuanya dilandasi keinginan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia,” ujarnya. Event strategis Kemenpar dilakukan di dalam negeri dan mancanegara seperti Sail Sabang, Tour de Singkarak, Eco Carnival Banyuwangi, Festival Keraton di Cirebon, ITB Berlin, atau World Travel Mart dan lain-lain.

Calendar of event yang diisi dengan acara-acara premium gagasan Kemenpar ini akan memberika kesempatan bisnis para artis untuk dikenal lebih luas lagi. Seperti yang disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada sebuah kesempatan, branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendiri oleh Kemenpar. Untuk meluaskan brand ‘Wonderful Indonesia’ di pasar global dibutuhkan kerja sama dari seluruh elemen bangsa, salah satunya para artis. “Dengan kolaborasi dan kerja sama ini, kita akan bigger, bolder, and better together,” ujar Menpar.

 

Reportase: Yosa Maulana

 

Add comment

Archives