Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Alfaland

Sukses membangun kerajaan bisnis di industri ritel, Alfamart Group memutuskan memasuki bisnis properti pada tahun 1999 melalui PT Perkasa Internusa Mandiri (PIM) atau Alfaland Group. Sederet proyek properti besutannya adalah Cordela Hotel di Medan dan Cirebon yang di bawah payung Omega Hotel Management, Kingland Avenue Apartment di Serpong, hingga Alfa Tower.

Mengawali bisnisnya, Alfaland mengakuisisi 12 hektar (ha) lahan di Lodan, Ancol-Jakarta Utara. Selanjutnya, perusahaan tersebut memperluas daerah dengan kepemilikan 15 ha. Kini, Alfaland telah menjadi pemain yang diperhitungkan di industri properti, yakni dengan membidik tiga segmen properti, yaitu gedung perkantoran, hospitality,  dan real estate.

Ekspansi besar-besaran juga sudah direncanakan Alfaland mulai tahun ini. Dalam tiga tahun ke depan, Alfaland menargetkan dapat membangun dan mengelola 50 hotel yang mencakup 6.000-7.000 kamar. Ke-50 hotel tersebut diproyeksikan akan menggelontorkan  investasi senilai Rp 2,5 triliun. Nilai tersebut hanya ongkos konstruksi, tidak termasuk pembelian lahan.

Mempertimbangkan massifnya Alfaland membangun jejaring hotelnya, maka tak salah jika Kemenpar mengajak serta Alfaland sebagai mitra di program co-branding “Wonderful Indonesia”. Melalui co-branding tersebut, Alfaland diharapkan dapat turut mengkomunikasikan brand Wonderful Indonesia kepada para tamu hotelnya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wahyu Gatot Subroto

Archives