Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Alfamart

Dikenal sebagai salah satu “raksasa” di ritel minimarket, Alfamart resmi digandeng oleh Kemenpar sebagai salah satu mitra di program Co-Branding “Wonderful Indonesia”. Kemitraan tersebut akan diwujudkan lewat pemasangan sticker “Wonderful Indonesia” di 1.000 gerai Alfamart. Selain itu, materi promosi  Wonderful Indonesia juga akan dipasang di berbagai gerai Alfamart di Filipina, serta di salah satu Bus Tingkat Pariwisata DKI Jakarta yang merupakan hibah dari Alfamart.

Sukses Alfamart menggurita hingga pelosok, tak lepas dari sejumlah inovasi yang senantiasa dihadirkan Alfamart, antara lain, melalui Payment Point, Alfamart juga memberikan layanan berupa pembayaran listrik, air, TV berlangganan, angsuran kendaraan, tiket transportasi. Selain itu, Alfamart juga melayani  isi ulang pulsa, e-money, game voucher, hingga kirim uang. Saat ini, tercatat ada lebih dari 400 jenis layanan pembayaran yang telah disediakan di Alfamart.

Kendari bermain di modern channel, Alfamart juga memiliki program unggulan yang berupa pemberdayaan usaha mikro yang diberi nama “Outlet Binaan Alfamart”. Program yang sudah berjalan sejak tahun 2007 itu, saai ini sudah mampu menghimpun lebih dari 47.300 outlet tradisional binaan.

Tahun 2017 ini, Alfamart meluncurkan program baru, Warung Warga, yakni usaha swakelola bagi pengusaha mikro di bidang ritel. Melalui program tersebut, Alfamart mendorong sekaligus mengedukasi para wirausaha mikro seperti warung rombong, kios, dan sebagainya, untuk dapat meng-upgrade usaha mereka dengan melakukan standardisasi, di antaranya standardisasi sarana dan prasarana, distribusi barang, serta harga khusus yang dilengkapi dengan layanan PPOB (Payment Point Online Billing).

Wahyu Gatot Subroto

Archives