Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS)

Berdiri pada tahun 1984,  PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) kini menjadi salah satu perusahaan penyedia layanan ground handling tepercaya di Tanah Air. Terbukti, saat ini JAS telah melayani 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik. Termasuk, melayani mitra lainnya di industri perjalanan udara, kargo, maupun perhotelan di 13 bandara besar di seluruh Indonesia. Tahun ini, JAS juga dipercaya menangani tamu-tamu VIP, seperti rombongan Raja Salman pada Maret lalu serta beberapa tamu kenegaraan lainnya.

Sukses JAS tak lepas dari ISAGO yang menjadi added value-nya selama ini.  ISAGO adalah program audit untuk perusahaan ground handling yang melayani maskapai di bandara. Audit tersebut memiliki standar yang relevan untuk seluruh perusahaan ground handling di dunia, sehingga memiliki kualitas internasional.

Paling anyar, mulai pertengahan tahun 2017, JAS tengah mendukung operasional penerbangan maskapai asing di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng, Banten. Saudi Arabian Airlines menjadi maskapai asing pertama yang mulai melayani penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Selanjutnya, disusul oleh maskapai asing lainnya, seperti Vietnam Air, Korean Air, dan Xiamen Air.

Kepercayaan brand-brand besar terhadap JAS boleh jadi menjadi salah satu alasan mengapa Kemenpar menggandengnya sebagai  mitra di program Co-Branding “Wonderful Indonesia”. Sejatinya, brand-brand internasional yang saat ini menjadi customer JAS merupakan captive market bagi brand Wonderful Indonesia.

Wahyu Gatot Subroto

Archives