Kisah Musa Alam Melambungkan King’s Tailor

King’s Tailor & Co. lahir karena pemilik kurang puas dengan hasil yang dicapai oleh para pembuat jas di luar sana

Jas merupakan sebuah item terpenting yang wajib ada di dalam lemari pria profesional. Meskipun demikian, menemukan jas yang pas di tubuh dan memiliki desain yang sesuai dengan karakter bukan perkara mudah. Terkadang, jas seperti itu tak dapat ditemukan di toko-toko ritell yang bersarang di pusat-pusat perbelanjaan. Pasalnya, untuk mendapatkan produk jas yang sempurna, ukuran harus diukur secara saksama, pengerjaan harus dilakukan satu per satu dan secara hati-hati.

Menangkap peluang bisnis itu, King’s Tailor & Co. menawarkan layanan bespoke tailor sebagai jawaban dari masalah kebanyakan pria yang menginginkan jas terbaik. Bespoke tailor merupakan jasa pembuatan jas yang mengandalkan ekslusivitas tinggi. King’s Tailor didirikan di Jakarta pada 2014 oleh Musa Alam, pria muda dengan pengetahuan tentang jas yang impresif. 

“King’s Tailor & Co. lahir karena saya kurang puas dengan hasil yang dicapai oleh para pembuat jas di luar sana,” ujar Musa. Dengan berbekal masalah yang mengganjal tersebut, dia lalu melakukan pencarian pembuat jas terbaik di Jakarta. Apa yang awalnya obsesi pribadi berubah menjadi bisnis beromset jutaan. King’s Tailor & Co. mendapatkan klien pertamanya pada 2015.

Berlokasi di Jalan Tirtayasa,  Jakarta Selatan, King’s Tailor & Co. perlahan-lahan berubah dari bisnis kecil yang melayani teman dan saudara menjadi salah satu bespoke tailor bereputasi cemerlang. Sebagai bespoke tailor, King’s Tailor & Co. menawarkan koleksi jas buatan tangan yang dikerjakan sesuai dengan karakteristik dan permintaan pelanggan.

Proses pembuatannya dimulai dengan sesi konsultasi antara pelanggan dengan ahli di King’s Tailor & Co. “Biasanya, proses pembuatan dimulai dengan obrolan kasual. Tujuannya untuk menemukan karakteristik dan latar belakang pelanggan. Setelah karakter pelanggan diketahui, mudah bagi kami untuk menentukan desain jas yang paling pas,” tutur Musa. Setelah desain dipilih, langkah selanjutnya adalah memilih bahan serta aksesori yang akan digunakan. Menurut Musa, pembuatan satu jas membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan.

“Saya percaya kami tak sekadar menciptakan sebuah jas, namun juga alat yang dapat membantu klien kami menjadi lebih percaya diri untuk acara-acara penting, mulai dari upacara pernikahan hingga negoisasi bisnis bernilai miliaran,” papar pria lulusan London School of Public Relations – Jakarta tersebut. Musa percaya, jika seseorang terlihat menarik dan merasa nyaman dengan penampilannya tersebut, maka ia akan menjadi lebih percaya diri, produktif, dan tegas.

Satu hal menarik yang ditawarkan oleh King’s Tailor & Co. adalah kemampuan untuk memilih bahan-bahan jas yang diperlukan. Apalagi bespoke tailor ini memiliki koleksi kain impresif mulai dari katun, sutera, hingga kain langka dan mahal yang berharga puluhan juta rupiah per meternya.

Berkat hasil-hasil pekerjaannya yang memuaskan,  King’s Tailor & Co. juga berhasil menggaet klien-klien besar, termasuk beberapa di antaranya selebriti. Dalam empat tahun ke belakang, King’s Tailor & Co. telah berkolaborasi dengan banyak nama-nama besar di jagat industri hiburan Indonesia, sebut saja Kahitna, Mike Lewis, Abimana Aryasatya, Nino Fernandes, dan masih banyak lainnya. Malah, tahun lalu berhasil mendapatkan proyek jas khusus yang dikenakan oleh aktris Hannah Al Rasyid dalam acara pemutaran perdana film Indonesia tersohor di 2019, Gundala. “Selain selebriti dan orang terkenal, demografis klien kami sangat beragam, namun umumnya didominasi oleh calon pengantin dan profesional muda dari kalangan pengacara, bankir, hingga mereka pemilik perusahaan start-up di Indonesia,” ucap Musa.

Di luar pentingnya bagi setiap pria modern untuk memiliki setidaknya satu jas, banyak yang percaya bahwa membeli jas yang bagus merupakan sebuah investasi. Semahal atau semurah apapun investasi yang dikeluarkan dalam hal ini, jas akan menjadi salah satu benda terpenting yang wajib dimiliki oleh pria. King’s Tailor & Co. mengerti akan hal tersebut dan berusaha untuk menciptakan produk terbaik dan memfasilitasi kebutuhan pelanggan akan jas yang impresif dengan cara menghadirkan layanan paripurna, pilihan material yang beragam, serta dedikasi tinggi untuk menyelesaikan pesanan sesuai jadwal. Guna memberikan yang terbaik bagi pelanggan, King’s Tailor & Co. menyarankan agar calon pelanggan membuat janji terlebih dahulu sebelum mendatangi butik mereka. “Alasannya agar kami dapat memberikan yang terbaik bagi tiap klien,” kata Musa.

Hingga saat ini, King’s Tailor & Co. hanya menghadirkan layanan bespoke tailor yang mencakup konsultasi privat hingga proses yang terperinci. Namun, di Kuratal IV/2020,  tailor ini akan meluncurkan layanan baru yang mengadopsi sistem jahit made-to-order. Layanan ini menawarkan proses yang praktis serta waktu pembuatan yang lebih singkat karena tersedianya pola desain serta ukuran yang dapat dipilih oleh pelanggan. “Layanan ini prosesnya lebih simple dan cocok bagi mereka yang memiliki waktu dan bujet terbatas,” tutur Musa.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)