Rounn Mendunia Berkat Inovasi dan Kolaborasi

Ivan Tiono dan Jessica Ariella, dua pendiri Rounn

Penggemar serial Emily in Paris yang tayang di salah satu platform video streaming tentu mengenal tokohnya yaitu Ashley Park. Dia kerap menggunakan tas, yang ternyata asli buatan Indonesia dengan merek Rounn. Merek tas ini kini bukan saja hitz di pasar lokal tapi juga di luar. Rounn dibangun dari awalnya hanya bisnis iseng, lalu menggandeng blogger luar negeri untuk mengendorse produk tersebut. Blogger yang diajak pun diambil random walau ada juga yang public figure. Di Indonesia, Rounn juga menggunakan strategi kolaborasi dalam meningkatkan awarenss-nya.

CV Rounn Indonesia memiliki visi untuk menjadi merek lokal yang bisa memasuki bisa mengglobal. Ivan Tiono dan Jessica Ariella adalah dua sosok yang berada di belakang kehadiran Rounn bag yang lahir di Surabaya. Menariknya, Ivan salah satu pendiri latar belakangnya adalah arsitek, yang menjadi pengawal di strategi branding dan marketing Rounn.
Menurut Ivan, tren tas terus meningkat dan peminat tas berbahan kulit semakin banyak bahkan peningkatan penjualan selama pandemi sampai 400%. Ia berpendapat bahwa kunci keberhasilan Rounn adalah kolaborasi dan inovasi. Rounn sejak awal rajin menggandeng selebriti dan para influencer fashion seperti Caren Delano, Olivia Lazuardy, Sandra Dewi, Richard Kyle, Malvava, Karla Jasmina, Michele Quann dan yang merupakan salah satu pencapaian teranyar adalah kolaborasi bersama Nagita Slavina.

Para influencer dan artis dengan tas koleksi Rounn

“Perjalanan Rounn dimulai 6 tahun lalu saat munculnya kebutuhan memiliki tas custom yang tidak sama dengan orang lain. Rounn menyediakan layanan custom seperti pemilihan warna dan inisial nama pada produk pesanan pelanggan, yang akhirnya menjadi personal signature dari Rounn hingga kini, yang tentunya memiliki design dengan nafas klasik dan unik,” ujar Jessica yang juga sebagai Creative Director Rounn.

Ivan menyebut tas Gigi (Nagita Slavina) pertama, yang diluncurkan pada 12 Desember tahun lalu bertepatan dengan 6th anniversary Rounn, lalu tote bag yang diluncurkan 25 April 2021, yang merupakan produk edisi terbatas. Selain itu bersama Rounn Gigi juga meluncurkan sandal pada 4 April lalu dan sudah terjual ratusan pieces. Jessica menjelaskan bahwa dalam merencanakan produk pihaknya membutuhkan waktu 6-12 bulan.

“Produk-produk Gigi misalnya, sudah mulai mendesain sejak Agustus 2020. Karena dari desain ke produk itu cepat, namun kami butuh waktu panjang untuk trial, ini kami coba sampai produknya bagus dan enak dipakasi. Mengumpulkan bahan dengan warna diinginkan itu tidak singkat, apalagi tas ini unik karena mostly totebag yang ada di pasaran tidak ada zipper tapi kita menyediakan dan ada kompartemen di samping kanan dan kiri yang bisa menaruh barang semakin banyak,” paparnya.

Jessica mengatakan Rounn berkolaborasi dengan Gigi karena istri dari Raffi Ahmad itu salah satu fashion icon Indonesia. “Banyak orang melihat barang apa yang dipakai Gigi terutama tas, orang juga penasaran semua harga tas Gigi, maka dari itu jika kita mengeluarkan dengan budget Rp 1-2 juta saja membuat orang bisa kembaran dengan idola mereka,” katanya.

Ivan melanjutkan strategi kolaborasi dan inovasi tersebut ternyata mampu menjaring banyak pelanggan baik dari dalam negeri sampai membuka pintu Rounn masuk ke pasar global, seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Taiwan, Australia, UAE, Lebanon, Italy, UK dan Amerika. “Kami bersyukur Rounn mampu membawa produk lokal berkualitas masuk ke dalam pasar Internasional tanpa dipandang sebelah mata, dengan demikian ternyata bisa mendongkrak penjualan di dalam negeri juga, apalagi saat semangat local proud merebak belakangan ini,” tambah Ivan.

Memang tidak bisa dipungkiri pandemi membawa imbas terhadap industri fasyen dan ritel secara global termasuk Rounn. Namun inovasi menurut Jessica, inovasilah yang menyelamatkan eksistensi Rounn. “Kami juga selalu berpegang pada komitmen untuk memberikan kualitas yang setara dengan produk internasional.

Inovasi bukan saja dari sisi produk tapi juga strategi pemasaran, mulai dari pengembangan sarana penjualan digital hingga strategi berkomunikasi dengan para pelanggan sehingga kepuasan pelanggan bisa terus dijaga, yang membuahkan hasil manis, para pelanggan menjadi pelanggan setia dan fanatik, yang selalu menanti produk terbaru Rounn , termasuk inovasi pengembangan produk sepatu baik untuk perempuan dan laki-laki,” papar Ivan dan Jessica bersamaan.

Jessica menjelaskan bahwa tim desain dan produksi Rounn bekerja dengan memperhatikan tren fashion global yang kerap berubah. “Proses produksi pun juga sangat kami perhatikan agar hasilnya bisa memuaskan konsumen,” tambah Ivan. Selain memproduksi tas, Rounn juga menyediakan berbagai aksesoris penunjang penampilan wanita lainnya seperti dompet, keychain, lanyard yang trendy & stylish. Ada pula koleksi sepatu baik untuk pria dan wanita.

“Dalam perjalanan kami selama 7 tahun, ternyata perbedaan skill dan karakter kami berdua menjasi kekuatan bagi Rounn, kami saling melengkapi, saling belajar dan saling menutupi kelemahan masing-masing, di tengah masa yang tak mudah, Rounn tetap kuat berdiri, di bulan April ini kami melansir produk kolaborasi kami Rounn x Nagita Slavina Gigi Tote Bag bertajuk Aurora. Setiap kepercayaan dan dukungan untuk Rounn membuat kami tak berhenti bersyukur,” kata Ivan dan Jessica kompak.

Ivan mengatakan bahwa koleksi Rounn yang semua terbuat dari kulit sapi terbaik selain bisa ditemui di website Rounn.com, juga bisa dibeli di berbagai platform e-commerce seperti Zalora dan Shopee serta Instagramnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Fashion

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)