Jejak Fashion Rinda Salmun

Perjalanan karier perancang muda Rinda Salmun tampak berkebalikan dengan sejumlah koleganya. Di saat sejumlah rekannya berambisi go international, Rinda justru memilih pulang kampung sesudah merintis karier di luar negeri, tepatnya di London, Inggris.

Semasa kuliah di Ravensbourne College of Design & Communication, London, Rinda sempat magang sebagai humas fashion rumah desain Giorgio Armani, menjadi asisten produksi perancang terkenal Natascha Stolle, serta bekerja untuk perancang kenamaan Inggris Giles Deacon.

Rinda Salmun ~~

Selepas kuliah, ia meniti karier di negeri Ratu Elizabeth di bawah Not Just A Label, portal fashion online untuk menampilkan karya-karya perancang muda berbakat dari berbagai penjuru dunia.

Selama di Inggris, busana rancangannya sempat menyempurnakan penampilan sejumlah penyanyi negeri itu, misalnya Jamelia yang mengenakan lini busana Neo Nirvana karya Rinda untuk sampul albumnya tahun 2010. Juri X-Factor Inggris Joelle Moses juga memilih karya Rinda untuk dikenakan dalam penampilan panggung serta video klipnya. Karyanya pun sempat ditampilkan pada acara Fashion Maverick di London Fashion Week 2010 dan Ringstrassen Gallerien Award di Wina, Austria.

Meski demikian, perempuan kelahiran Jakarta, 17 September 1985, ini tetap rindu berkarier di Tanah Air. Itu sebabnya, setelah menempuh pendidikan dan berkarya di Inggris, dirinya kembali ke Indonesia pada akhir 2013.

Rinda sesungguhnya telah memiliki sejumput pengalaman fashion di negeri kelahirannya. Ketika kuliah S-1 Seni Lukis di Institut Teknologi Bandung, ia sempat bekerja untuk perancang ternama Adji Notonegoro di Jakarta. “Jadi, pas kuliah bolak-balik Bandung-Jakarta,” tuturnya kepada SWA di butik yang memajang karyanya, Fashion First, di Jalan Cikajang 48, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sejak SMA, Rinda memang menyukai dunia rancang busana, bahkan mengambil kursus desain busana. Namun, saat hendak melanjutkan kuliah, ayahnya menyarankan untuk mengambil terlebih dulu jurusan seni lukis. Rinda mematuhinya. Keputusan itu ternyata sungguh tepat. Di ruang kuliah di Bandung, ia berkenalan dengan berbagai aliran seni lukis. Itu sebabnya, ia mengaku gaya rancangannya diperkaya oleh unsur seni murni yang digabungkan dengan garis-garis tegas yang membingkai tubuh pemakai karyanya.

Dengan ciri tersebut, Rinda menyasar perempuan urban yang mengapresiasi seni dan dunia kreatif. “Apakah mereka sosialita atau penyanyi atau artis atau bahkan orang biasa, yang jelas, mereka punya ketertarikan pada seni,” ungkapnya.

Ketika membuat rancangan yang dipesan khusus, Rinda biasanya meriset terlebih dulu keinginan kliennya. Hasil rancangannya yang kini berlabel Rinda Salmun itu pun sukses menarik perhatian sejumlah selebritas Indonesia seperti Dian Sastro, Wulan Guritno, Alin Adita, Anggun C. Sasmi dan Agnes Monica. Ia membanderol setiap busananya antara Rp 1,5 juta dan Rp 4 juta.

Rinda mengaku tak mudah mendirikan label sendiri. Namun, ia bersyukur keluarga dan sahabatnya turut mendukung, bahkan turun tangan membantunya. “Keluarga membantu finansial. Kakak aku jadi public relations. Sepupu-sepupu juga membantu marketing,” tutur Rinda yang kini memiliki sejumlah karyawan untuk memproduksi karyanya.

Saat ini, ia fokus meningkatkan penjualan labelnya. “Aku jualan juga di Dubai. Klien ada juga yang tinggal di Inggris. Jadi, kami bikin, terus kami kirim ke Inggris. Tahun-tahun ini insya Allah masukin toko lagi di London.”

Terkait butik Fashion First yang turut menaungi sejumlah desainer muda, ia berharap dapat berkembang lebih pesat. “Aku berharap para desainer muda dapat lebih maju karena sudah mendapatkan wadah untuk menyalurkan passion mereka di Fashion First,” kata Rinda.(*)

 

Nama : Rinda Salmun

Lahir : Jakarta, 17 September 1985

Profesi : perancang busana

Label : Rinda Salmun

Prestasi :

  • Busana rancangannya dipakai oleh penyanyi Inggris Jamelia untuk sampul albumnya.

  • Juri X-Factor Inggris, Joelle Moses, memilih karya Rinda untuk dikenakan dalam penampilan panggung serta video klipnya.
  • Sukses menampilkan karyanya di Fashion Maverick- London Fashion Week 2010 dan Ringstrassen Gallerien Award di Wina, Austria.
  • Berhasil meraih klien selebritas Indonesia, antara lain Dian Sastro, Wulan Guritno, Alin Adita, Anggun C. Sasmi dan Agnes Monica.

 

Lia Amelia Martin/Eddy Dwinanto Iskandar

Riset: Armiadi Murdiansyah

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)